PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KONTEKSTUAL DAN EKSPOSITORI

Penulis

  • Raihana UIN Sumatera Utara
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara
  • Ella Andhany UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kreatif; Pemecahan Masalah; Kontekstual; Ekspositori.

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas X MAS PAB-2 Helvetia yang berjunmlah 125 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 dan kelas X MIA-2 yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan Uji Tukey. Hasil Temuan ini menunjukkan: 1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, 2) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, 3) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori.

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif; Pemecahan Masalah; Kontekstual; Ekspositori.

 

ABSTRAK      This research is a quantitative research with a quasi-experimental type of research. The population is all class X MAS PAB-2 Helvetia with a total of 125 students. The sample in this study was class X MIA-1 and class X MIA-2, each of which amounted to 30 students who were taken using the saturated sample technique.Data collection was carried out using the instrument of students' creative abilities and mathematical problem solving abilities. Data analysis was performed by analysis of variance (ANOVA) and continued with Tukey's test. The results of these findings indicate: 1) The level of creative thinking skills and mathematical problem solving abilities of students who are taught by the Contextual Teaching and Learning learning model is better than students who are taught by the expository learning model, 2) The level of mathematical creative thinking skills of students who are taught using this model. Contextual Teaching and Learning learning is better than students who are taught by expository learning model, 3) The level of mathematical problem solving ability of students who are taught by Contextual Teaching and Learning learning model is better than students who are taught by expository learning model.

Keywords : Creative Thinking Ability; Problem solving skill; Contextual; Expository

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Raihana, Lubis, M. S., & Andhany, E. (2021). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KONTEKSTUAL DAN EKSPOSITORI. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 212–216. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/95

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>