PERBEDAAN HASIL BELAJAR THINK TALK WRITE DAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATERI TRIGONOMETRI

Penulis

  • Ade Siti Armila UIN Sumatera Utara
  • Yahfizham UIN Sumatera Utara
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Think-Talk-Write, Learning Start with a Question

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Think-Talk-Write dan Learning Start with a Question pada materi trigonometri. Penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh kelas X yang berjumlah 5 kelas. Sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas yaitu kelas X1 berjumlah 30 siswa dan X2 berjumlah 30 siswa, sehingga sampel   seluruhnya  berjumlah 60 siswa. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika adalah tes yang berbentuk soal essay yang sudah divalidasi berjumlah 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensi. Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write lebih baik pada materi trigonometri; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question cukup baik pada materi trigonometri. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang berkemampuan penalaran induktif mupun deduktif lebih sesuai diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write daripada pembelajaran kooperatif tipe Learning Start with a Question.

Kata Kunci : Hasil Belajar; Think-Talk-Write; Learning Start with a Question.

 

ABSTRACK        This research aims to find out the difference in the learning outcomes of mathematics students are taught with Think-Talk-Write and Learning Start with a Question learning strategies on trigonometric materials. This research is quantitative, with a pseudo-experimental type of research. The population is the entire class X which numbers 5 classes. While the sample of 2 classes, namely class X1 amounted to 30 students and X2 amounted to 30 students, so that the sample totaled 60 students. Measuring tools used to find out the results of learning mathematics is a test in the form of essay problems that have been validated amounting to 5 problems. The data analysis used is descriptive analysis and inference. The results of these findings show: (1) Student learning outcomes taught with Think-Talk- Write type cooperative learning strategies are better on trigonometric materials; (2) Student learning outcomes taught with learning start with a question type cooperative learning strategies are quite good on trigonometric materials. The conclusion of this study explains that students who are able to inductive reasoning and deductive are more suitable to be taught with a Think-Talk-Write cooperative learning strategy than cooperative learning type Learning Start with a Question.

Keywords : Learning Outcomes; Think-Talk-Write Learning; Start with a Question

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Armila, A. S., Yahfizham, & Siregar, T. J. . (2021). PERBEDAAN HASIL BELAJAR THINK TALK WRITE DAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATERI TRIGONOMETRI. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 238–244. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/83

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>