PENGARUH METODE BCCT DAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KREATIF

Penulis

  • Elviani Sukma UIN Sumatera Utara Medan
  • Yahfizham UIN Sumatera Utara Medan
  • Ella Andhany UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Penalaran, Berpikir kreatif, Metode Beyond Centres dan Circle Time, Brainstorming

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode BCCT dan Brainstorming terhadap kemampuan penalaran dan berpikir kreatif siswa kelas XI MAS Amaliyah Sunggal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 sebanyak 35 siswa yang diajar dengan metode Bcct dan kelas XI-IPA 2 sebanyak 35 siswa yang diajar dengan metode Brainstorming. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan 1) t-hitung = -46,9364 dan t-tabel = -1,68595 “Terdapat pengaruh secara signifikan antara metode BCCT terhadap kemampuan penalaran kelas XI MAS Amaliyah Sunggal”. 2) t-hitung = -52,6022 dan t-tabel = -1,68595 “Terdapat pengaruh signifikan antara metode BCCT terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas XI MAS Amaliyah Sunggal”. 3) t-hitung = -49,0256 dan t-tabel= -1,68595“Terdapat pengaruh secara signifikan antara metode Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas XI MAS Amaliyah Sunggal”. 4) t-hitung = -49,7059 dan t-tabel = -1,68595 “Terdapat pengaruh secara signifikan antara metode Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas XI MAS Amaliyah Sunggal”.

ABSTRACT       This study aims to determine the effect of the bcct and brainstorming methods on the reasoning abilities and creative thinking of class XI MAS Amaliyah Sunggal students. This research is a type of quantitative research with experimental method. The population is all students of class XI. The sample in this study was class XI IPA 1 with of 35 students who were taught by the bcct method and class XI IPA 2 with of 35 students who were taught with the brainstorming method. The findings of this study show1) tcount -46,9364 and ttable -1,68595 “There is a significant effect between the bcct method on the reasoning abilities of class XI MAS Amaliyah Sunggal”. 2) tcount -1,68595 and ttable -1,68595. “There is a significant effect between the methods bcct on the creative thinking skill of class XI MAS Amaliyah Sunggal”. 3) tcount -49,0256 and ttable -1,68595. “There is a significant influence between the brainstorming method on the creative thinking skills of class XI MAS Amaliyah Sunggal”. 4) tcount -49,7059 and ttable -1,68595. “There is a significant influence between the creative thinking skills of class XI MAS Amaliyah Sunggal”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Chairani, Zahra. (2016). Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta: Deepublish.

Hamzah, Ali, Muhlisrarini. (2016). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hilmah Nurullhaq & Ahmad Margana. (2013). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Antara Siswa Yang Mendapatkan Strategi Giving Reward Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 7, No.3.https://journal.institutpendidikan.ac.id

Wahyu, Anugraheni. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2022

Cara Mengutip

Sukma, E., Yahfizham, & Andhany, E. (2022). PENGARUH METODE BCCT DAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KREATIF. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(6), 768–772. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/682

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>