PENGARUH PEMBELAJARAN NHT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA ARITMATIKA SOSIAL

Penulis

  • Hasni Laila UIN Sumatera Utara Medan
  • Syaukani UIN Sumatera Utara Medan
  • Ella Andhany UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstrak

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Di MTs Darul Ilmi Batang Kuis”, yang dilatarbelakangi kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi
matematis yang dimiliki oleh siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan uji-T. Pada uji hipotesis diperoleh: 1) Thitung = 4,262 > Ttabel = 1,979; 2) Thitung = 2,383 > T tabel = 1,999; 3) T hitung = 2,903 > T tabel = 1,999. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

ABSTARCT                The research that has been conducted entitled "The Influence of Numbered Head Together (NHT) Cooperative Learning Model on Students' Problem Solving and Mathematical Communication Skills in Class VII Social Arithmetic Materials at MTs Darul Ilmi Batang Kuis", with the background that problem solving and mathematical communication skills possessed by students in mathematics is still low.This research methodology uses quantitative research methods. Data analysis was performed by T-test. In testing the hypotheses, it was obtained: 1) Tcount = 4.262 > T table = 1.979; 2) Tcount = 2,383 > Ttable = 1,999; 3) Tcount = 2,903 > T table = 1,999. So it can be concluded that there is an effect of the Numbered Head Together (NHT) cooperative learning model on the students' mathematical problem solving and communication skills.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, P. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Journal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-145.

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018, Mei). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pemdidikan Matematia, 2(1), 15.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017, Januari). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Reserch Of Mathematics), 1(2), 83.

Hamzah, H. M., & Muhlisrarini. (2018). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Irianti, N. P. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 134.

Koyumah, S., & Utomo, R. B. (2016, Agustus). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal e-DuMath, 2(2), 211.

Nurlela, H., Yuliani, A., & Zanthy, L. S. (2021, September). Analisis Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1235.

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Laila, H., Syaukani, & Andhany, E. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN NHT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA ARITMATIKA SOSIAL. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 240–247. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/855

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>