ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS
Kata Kunci:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, HOTSAbstrak
Penelitian yang telah dilakukan berjudul: analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi program linier di kelas XI SMA N 4 Padangsidimpuan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian mixed methods. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan tes soal HOTS yang dibuat sesuai indikator pemecahan masalah matematis dan mewawancarai peserta didik yang telah dipilih. Setelah data didapatkan maka hasil dari tes dan wawancara selanjutnya dianalisis. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian ini, maka guru harus membiasakan
siswa menyelesaikan soal tipe HOTS agar siswa terbiasa bukan hanya berpikir untuk mengingat tetapi juga meningkatkan kreativitas dan analisis untuk memecahkan masalah. Siswa tidak terfokus pada menghafal materi, tapi bagaimana materi yang dihafal dan dipahami untuk digunakan dalam memecahkan suatu masalah dengan kreatif dan kritis.
Unduhan
Referensi
Aryani, I., Maulida, D., Pengajar, S., Keguruan, F., Ilmu, D., & Adalah, M. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MELALUI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu. 20(2).
Febrina, A. Y., Zaki, . M, & Amalia, C. R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI STATISTIKA ANALYSIS OF STUDENTS ’ABILITY TO SOLVE HIGH ORDER THINKING SKILLS ON STATISTICAL MATERIALS. In Juli-Desember (Vol. 2. Issue 2).
Kamila, A., Nafisah, S., Aprilia, D., & Wicaksono, B. G. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL.
Mahmudah, W. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC. 4. 49–56.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukabumi, U. M. (n.d.). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Nasha Nauvalika Permana.