PENGARUH STRATEGI FIRING LINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Kata Kunci:
The Firing Line, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat perbedaan pengaruh strategi Firing Line dan strategi Ekspositori terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII; 2) Apakah terdapat perbedaan pengaruh strategi Firing Line dan strategi Ekspositori terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII; 3) Apakah terdapat perbedaan pengaruh strategi Firing Line dan strategi Ekspositori terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen.Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ampera, Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-A dan VII-B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes bentuk essay. Analisis data penelitian menggunakan Statistik Uji T. Hasil penelitian ini yaitu : 1) Terdapat perbedaan pengaruh strategi Firing Line dan strategi Ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai T hitung (13,89) > T tabel (2,000); 2) Terdapat perbedaan pengaruh strategi Firing Line dan strategi Ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai T hitung (10,59) > T tabel (2,000); 3) Terdapat perbedaan pengaruh strategi Firing Line dan strategi Ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matemati siswa dengan nilai T hitung (22,59) > T tabel (1,980).
ABSTRACT This study aims to determine: 1) Is there a difference in the effect of Firing Line strategy and Expository strategy on the Ability to Understand Mathematical Concepts of Class VII Students; 2) Is there a difference in the effect of Firing Line strategy and Expository strategy on the Mathematical Communication Ability of Class VII Students; 3) Is there a difference in the effect of Firing Line strategy and Expository strategy on Concept Understanding and Mathematical Communication Ability of Class VII Students. The type of research used is a quasi-experimental research. The population is all students of class VII SMP Ampera. The sample in this study is class VII-A and VII-B. The instrument used in this research is an essay test. Analysis of research data using T-Test Statistics. The results of this study are: 1) There are differences in the effect of Firing Line strategy and Expository strategy on students' mathematical concept understanding ability with T count (13.89) > T table (2,000); 2) There is a difference in the effect of Firing Line strategy and Expository strategy on students' mathematical communication skills with T count (10.59) > T table (2,000); 3) There is a difference in the effect of Firing Line strategy and Expository strategy on students' mathematical concept understanding and communication skills with T arithmetic (22.59) > T table (1.980).