PENGARUH MODEL SFAE DAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.1089/relevan.v2i4.527Kata Kunci:
SFAE, STAD, Kemampuan berpikir kritis, komunikasi matematisAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explain dan model pembelajaran STAD terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa pada materi matriks di kelas XI SMAN 1 Aek Kuo Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Aek Kuo yang berjumlah 158 siswa. Sampel pada penelitian yaitu kelas XI MIPA-1 dan XI MIPA-2. Teknik yang tepat untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis adalah melalui tes berbentuk uraian. Untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y yang artinya pengaruh yang terjadi dapat berlaku untuk populasi yaitu menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik, dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explain pada materi matriks di kelas XI SMAN 1 Aek Kuo. 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explain pada materi matriks di kelas XI SMAN 1 Aek Kuo. 3) Adanya pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explain dan model pembelajaran model tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi matriks di kelasXI SMAN 1 Aek Kuo.
ABSTRACK The purpose of this study is to determine the influence of the Student Facilitator and Explain learning model and the STAD learning model on students' critical thinking and mathematical communication skills on matrix material in class XI of SMAN 1 Aek Kuo Labuhanbatu Utara. This type of research uses quantitative research. With the population is all class XI students of SMAN 1 Aek Kuo which amounts to 158 students. The samples in the study were class XI MIPA-1 and XI MIPA-2. The right technique for collecting data on critical thinking and mathematical communication skills is through a test in the form of a description. To find out the influence of variable X on variable Y, which means that the influence that occurs can apply to the population, using regression analysis. The results of this study showed: 1) the mathematical critical thinking ability of students who were taught with a STAD type cooperative learning model was better, compared to students who were taught with the Student Facilitator and Explain learning model in matrix material in class XI of SMAN 1 Aek Kuo. 2) The mathematical communication skills of students who are taught with STAD-type cooperative learning are better than students who are taught with the Student Facilitator and Explain learning model on matrix material in class XI of SMAN 1 Aek Kuo. 3) There is an influence of the Student Facilitator and Explain learning model and the STAD type model learning model on students' critical thinking ability and mathematical communication skills on matrix material in class XI of SMAN 1 Aek Kuo.