PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
Kata Kunci:
Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Literasi MatematisAbstrak
Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Latar belakang masalah ini adalah rendahnya kemampuan literasi matematis siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dan data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki N-Gain rata-rata 0,544, sedangkan kelas kontrol 0,301. Uji t menunjukkan bahwa nilai T-hitung 2,99 lebih besar dari T-tabel 2,000, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa PMR berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Dengan demikian, PMR dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
ABSTRACT Penelitian This study aims to examine the effect of Realistic Mathematics Education (RME) approach on students' mathematical literacy skills. The background issue is the low mathematical literacy skills of students due to the use of conventional teaching methods. This research uses a quasi-experimental design with two classes as samples, the experimental class and the control class, each consisting of 30 students. The sampling technique used was cluster random sampling, and data was collected through pretest and posttest. The analysis results show that the experimental class has an average N-Gain of 0.544, while the control class has 0.301. The t-test results show that the T-count value of 2.99 is greater than the T-table value of 2.000, so Ho is rejected and Ha is accepted. This indicates that RME has a positive effect on students' mathematical literacy skills. Therefore, RME can be an effective alternative to improve students' mathematical literacy skills.
Unduhan
Referensi
Ayunis, A., & Dorisno, D. (2022). Efektifitas Pendekatan RME Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, XII(1), 11.
Febrianti, S., Rahmat, T., Aniswita, & Fitri, H. (2023). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pisa pada Siswa Kemampuan Tinggi Berdasarkan Gender. Journal Of Social Science Research, 3(4), 10100–10109.
Masriyani, M., Minggani, F., & Zakiyah, S. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Materi Trigonometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 3(2), 90–95. https://doi.org/10.36379/jipm.v3i2.223
Nursyamsi, T., Baharullah, B., & Quraisy, H. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Handayani, 13(2), 179. https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.29757
OECD. O. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Rizka Nur Faidah1, Rizma Okavianti2, Putri May Maulidia3, Eva Putri Muliyani4, H. L. K. (2024). Indonesian Research Journal on Education. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4, 550–558.
Suryati, K., & Dwi Krisna, E. (2021). Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Telegram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 479–485. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.479-485
Wahyuni Ningsi, S., Kadir, K., & Rahmat, R. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Amal Pendidikan, 3(1), 75. https://doi.org/10.36709/japend.v3i1.25271
Witha, T. S., Karjiyati, V., & Tarmizi, P. (2021). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus 17 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 136–143. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.2.136-143