PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI KELAS IX SMP N 1 PAKANTAN
Kata Kunci:
Instrumen Tes, HOTS, Etnomatematika, Gordang SambilanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tahap pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan instrumen tes HOTS berbasis etnomatematika kelas IX SMP N 1 Pakantan. Menggunakan jenis penelitian research dan development dengan model ADDIE terdiri dari 5 tahap: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subyek penelitiannya: kelas IX SMP N 1 Pakantan berjumlah 20 siswa, menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk analisis data. Hasil penelitian: tahap pengembangan dilakukan 5 tahap: a) tahap analysis, menganalisis kebutuhan siswa, instrumen tes yang digunakan guru untuk mendapatkan informasi terkait masalah dan kebutuhan pengembangan instrumen tes HOTS, b) design, merancang instrumen tes, menyusun
instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kepraktisan, keefektifan, dan angket analisis kebutuhan siswa, c) development, mengembangkan produk yang dibuat dan merevisi produk sesuai saran tim ahli, memvalidasikannya kepada validator, d) implementation, mengujicoba produk kepada subyek penelitian, melakukan penilaian kepraktisan dan keefektifan oleh siswa dan guru matematika, e) evaluation, mengevaluasi
hasil uji coba, melakukan analisis data dari penilaian kepraktisan dan keefektifan instrumen tes.
ABSTARCT The study aims to determine: stages of development, validity, practicality and effectiveness of HOTS test instrument based on ethnomathematical approach for class IX SMP N 1 Pakantan. Uses research and development type with ADDIE model consists five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects were
class IX SMP N 1 Pakantan with 20 students and used descriptive quantitative for data analysis technique. The results : developing in 5 stages : a) analysis, analyzing student needs, test instrument in teacher learning to show information related to problems, developing HOTS test instrument needs, b) design, design instrument to develop, compiling
research instrument in validation form sheet, practicality and effectiveness assessment, student needs questionnaires, c) development, developing product by making improvement according to expert team advice, validating product by validator, d) implementation, testing product to research subjects and conducting assessment of practicality and effectiveness by students and mathematic teacher, e) evaluation, evaluate the results of product trial, analyzing data from develop assesment test instrument.
Unduhan
Referensi
Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. Indonesian Journal of Primary Education. 2 (1). 87. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752
Kamid, K., Saputri, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (2). 1793–1806. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.678
Lubis, E. R. (2019). Pakantan dan Warganya yang Dinamis, Heroik, dan Agresif. Perdana Publishing.
Matondang, I. A. (2013). Udan Potir: Simbolik Ekologis Gordang Sambilan Dan Lingkungan Alam. Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya. 2 (1). 27. https://doi.org/10.20473/lakon.v2i1.1915
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa. 3 (1). 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.ALFABETA.