PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI AJAR TEOREMA PYTHAGORAS BERBASIS GEOGEBRA
Kata Kunci:
Perangkat Pembelajaran Matematika, GeoGebra, Teorema Pythagoras, Pengembangan 4-DAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran matematika pada materi ajar Teorema Pythagoras berbasis GeoGebra di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development yaitu dengan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis GeoGebra. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis GeoGebra valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Teorema Pythagoras. Penggunaan perangkat ini juga mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika yang abstrak dan memperkuat keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang inovatif dalam proses pembelajaran matematika di sekolah.
ABSTRACT This study aims to determine the validity of a mathematics learning device on the Pythagorean Theorem material based on GeoGebra at SMP Muhammadiyah 7 Medan. The research method used is Research and Development (R&D), which involves developing a mathematics learning device based on GeoGebra. The study utilizes the 4-D development model (Define, Design, Development, and Disseminate). The subjects of the trial are the eighth-grade students of class VIII-2 at SMP Muhammadiyah 7 Medan. The results indicate that the GeoGebra-based learning device is valid, practical, and effective in improving students' learning outcomes on the Pythagorean Theorem material. The use of this device also enhances the understanding of abstract mathematical concepts and strengthens students' skills in solving mathematical problems. Therefore, this learning device is expected to serve as an innovative alternative in the mathematics learning process at schools.
Unduhan
Referensi
Abdullah, A. W., Isa, D. R., & Podungge, N. F. (2021). Analisis Hasil Balajar Matematika Siswa Pada Meteri Matriks Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10325
Hamidah, N., Afidah, I. N., Setyowati, L. W., Sutini, S., & Junaedi, J. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Pada Materi Fungsi Kuadrat Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 15–24. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.2
Kadarisma, G., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Software Geometer’s Sketchpad. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2). https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9330
Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca Dan Menulis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Uinsu Medan Di Era Society 5.0. JURNAL TARBIYAH, 30(1). https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244
Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1021
Mardini, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Web Google Berbasis Kontekstual Terintegritasi Keislaman Pada Materi Teorema Pythagoras. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Naya, I. G. A. S., Wibawa, K. A., & Puspadewi, K. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Geogebra Pada Topik Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas VIII. Mahasendika, 2(1).
Putra, I. P. D., . S., & Sukajaya, I. N. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA UNTUK PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2808
Qatrunnada, K., & Syahputra, E. (2022). Perkembangan Media Pembelajaran Berbantuan Oleh GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Pada Dua-Topik Berbentuk Dimensi. Jurnal Langsung: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(4), 845–858.
Ramahdani, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIII MTsN Model Makassar. UIN Alauddin.
Safitri, D. (2021). Pengembangan Pocket Book Teorema Pythagoras Sebagai Bahan Ajar Pendukung Berbasis Masalah Terintegrasi Islam Untuk SMP Muhammadiyah 2 PekanBaru. Universitas Islam Riau.
Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351
Suteja, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII Di MTsN 2 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.