PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GOOGLE FORM KELAS X SMA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
Kata Kunci:
Pengembangan , Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), ADDIE, Google FormAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan model ADDIE dan menganalisis tingkat kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan model pengembengan ADDIE dibatasi sampai 3 tahap, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas X-1 SMA Swasta Al-Hikmah Medan yang berjumlah sebanyak 20 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket validasi untuk melihat kevalidan oleh seorang dosen sebagai ahli media dan seorang dosen dan seorang guru sebagai ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan). Perolehan nilai rata-rata ahli media sebesar yaitu, 81,25% dengan kategori sangat layak digunakan. Sedangkan nilai rata-rata ahli materi yaitu, 88,54% dengan kategori sangat layak digunakan.
ABSTRACK This study aims to analyze the process of developing Students’ Worksheets based on the ADDIE model and analyze the level of validity of Student Worksheets on the material of three-variable linear equation systems. This study included research and development. This study used the ADDIE development model limited to 3 stages, namely analysis, design, development. The subjects in this study were students in class X-1 of Al-Hikmah Medan Private High School totaling 20 students. The instrument in this study used a validation questionnaire to see the validity by a lecturer as a media expert and a lecturer and a teacher as material experts. The results of this study indicated that the process of developing Student Worksheets (LKPD) was carried out in 3 stages, namely analysis, design, development. The average value obtained by media experts was 81.25% with a category that is very feasible to use. While the average value of material experts was 88.54% with a category that is very feasible to use.
Unduhan
Referensi
Akker, J. v., Gravemeijer, K., McKenny, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. London: Routledge.
Devita, T. S. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal JIPS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholaastic), 5(3), 59-65.https://doi.org/10.36057/jips.v5i3.501
Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model ADDIE pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA Kurikulum 2013. Bioedukas Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5298
Fauzi, M. A. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS GOOGLE FORM. AULADA: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(1), 12-28. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Kamalia, U. H. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Keterampilan Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan . Jurnal Educatino, 9(2), 692-699. https://doi.org/10.29210/1202323008
Meutiawati, D. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP. Jurnal Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 5(1), 14-20.
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jurnalphi/article/view/6477
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Jurnal UPI : Inovasi Kurikulum, 19 (2), 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301
Relawati, Syarifuddin, A., Supriyati, & Riwayati, S. (2024). Pengembangan LKPD Teori Probabilitas Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Batanghari. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14 (2) 391-399. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.711
Sadiyyah, R. S., Gustiana, M., Punuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Learning Berpikir Kritis Matematis. Prisma, 8(1), 80-95. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616
Sanusi, M. D. (2020). Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Investigasi bagi Guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakatuniversitas Negeri Makassar. 615-619. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11888/7003
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Sari, S. E. (2022). Penggunaan Google Form Sebagai E-LKPD Pada Materi Lambang Unsur Rumus Kimia dan Persamaan Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Semester Ganjil di SMKN 1 Sebeyida TP 2021/2022. Estupro, 7(1), 15-20. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/issue/view/115
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.