PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Poppy Yuliyanti UIN Sumatera Utara Medan
  • Rusydi Ananda UIN Sumatera Utara Medan
  • Ammamiarihta UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

flipped classroom, kahoot, hasil belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan. Kurangnya sumber belajar dan media pembelajaran di kelas maka siswa kurang memahami materi yang diajarkan guru. Penelitian ini kuantitatif jenis quasi eksperiment Pretest Posttest Control Group Desaign. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X 216 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling menghasilkan kelas X-B 36 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas X-A 36 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan uji n-gain, normalitas, homogenitas serta hipotesis menggunakan statistik deskriptif dan Independent sample t-test menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian bahwa (1) Hasil belajar baik menggunakan model Flipped Classroom berbantuan media kahoot. Hal ini bisa dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh kategori baik dengan rentang nilai  atau lebih dari nilai KKM, (2) Ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan kahoot terhadap hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka model Flipped Classroom berbantuan media kahoot menunjukkan adanya pengaruh pada hasil belajar siswa.

ABSTRACT This research is motivated by the student mathematics learning outcomes are’not satisfactory. The lack of learning resources and media in the classroom makes students lack understanding of the material taught by the teacher. This study is quantitative type of quasi experiment Pretest Posttest Control Group Desaign. The population are all class X 216 students. The sampling technique uses the Random Sampling resulted class X-B 36 students as control group and class X-A 36 students as experiment group. Data collection techniques with multiple choice test. The data analysis technique used n-gain, normality, homogeneity tests and hypotheses used descriptive statistics and Independent sample t-test using SPSS 21. The results of the study that (1) Good learning outcomes using the Flipped Classroom model assisted kahoot media. This can be seen from the hypothesis test the good category with a score range of  or more than the KKM score, (2) There is an influence of the kahoot assisted Flipped Classroom model on the learning outcomes of students. This can be seen from the hypothesis test that obtained a Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, then the Flipped Classroom model assisted by kahoot media showed an influence on student learning outcomes.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, Vera Septi. (2021). Studi Pembelajaran Model Flipped Classroom Memetakan Motivasi Mahasiswa. Banten: CV. AA. Rizky.

Adarie, W. (2023). Kumpulan Esai Gerakan Literasi Sains di Sekolah. Jejak Pustaka.

Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning motivation as determinant student learning outcomes). 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Chiang, H.-H. (2020). Kahoot! In an EFL Reading Class. Journal of Language Teaching and Research, 11(1), 33. https://doi.org/10.17507/jltr.1101.05.

Hidayah, I. (2022). Implementasi Flipped Classroom Berbantuan Media Edukasi Berbasis Wordwall pada PTM Terbatas. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), 1–13. https://www.jurnalmadaris.org/index.php/md/article/view/294/59.

Jaya, Indra. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta:Prenada Media Group.

Damayanti (2020). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. UMSU.

Meliza, Liza. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp/Mts. UIN Ar-raniry.

Mutmainah, S., Setiawan, Y., & Purwanto. (2019). Model Pembelajaran Flipped Classroom; Memanfaatkan Konten di Rumah Belajar Pada Jenjang SMP. 1–76.

Neti. (2020) ‘Analisis Validitas Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Semester Genap Pelajaran Fisika Kelas Xi Mipa 1 Sma Negeri 1 Kepahiang’. Jurnal Teknologi Pendidikan. 14(2), pp. 89–98.

Prasetyo, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. UNNES.

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2018). Evaluasi Hasil Belajar. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.

Suharti, S. (2020). Belajar Mengajar Strategi. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Yusup, F. et al. (2018) ‘Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif’. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), pp. 17–23.

Unduhan

Diterbitkan

08-08-2024

Cara Mengutip

Yuliyanti, P., Ananda, R., & Ammamiarihta. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1118

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>