PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN AUTOGRAPH PADA MATERI PROGRAM LINIER
Kata Kunci:
LKPD, Inkuiri Terbimbing, Autograph, Program LinierAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing berbantuan autograph pada materi program linier di kelas XI MA Al-Washliyah Tanjung Tiram yang layak, praktis, dan efektif. Jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yaitu model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap tahapan pendefinisian (define), tahap perencanaan (desain), tahap pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI MA Al-Washliyah Tanjung Tiram berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian diperoleh kevalidan LKPD berdasarkan ahli materi dengan dengan skor 78 kategori layak. Berdasarkan ahli media dengan skor 86 kategori sangat layak. Hasil nilai kepraktisan berdasarkan angket respon guru skor rata 4,4 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil angket respon siswa dengan rata-rata 4,42 kategori sangat praktis. Hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikalsetelah menggunakan LKPD sebesar 87%, sehingga penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing berbantuan autograph efektif digunakan dalam pembelajaran.
ABSTRACT This research aims to produce a Student Worksheet (LKPD) product based on guided inquiry with the help of autographs on linear program material in class XI MA Al-Washliyah Tanjung Tiram that is feasible, practical and effective. The type of research and development research is Research and Development (R&D) , namely the 4-D model which consists of 4 stages, namely the definition stage (d efine ), the planning stage ( design ), the development stage ( development ), and dissemination (disseminate ). The subjects of this research were 30 students in class XI MA Al-Washliyah Tanjung Tiram . The research results showed that the validity of the LKPD was based on material experts with a score of 78 in the appropriate category. Based on media experts with a score of 86, very worthy category. The results of the practicality score based on the teacher response questionnaire had an average score of 4.4 in the very practical category. Based on the results of the questionnaire, students responded with an average of 4.42 in the very practical category. The results of students' classical learning completion after using LKPD were 87%, so that the use of LKPD based on guided inquiry assisted by autographs was effective in learning.
Unduhan
Referensi
Ade, M. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Pada Materi Sistem Gerak Untuk Kelas XI SMA. Pendidikan MIPA.
Hairida, H. &. (2020). The Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom in Substances and Their Characteristics. Educational Science and Technology .
Kumarawati, D. &. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Spldv Berbasis Kontekstual Berbantuan Software Geogebra Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Sains Dan Teknologi.
Madlazim, J. A. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika.
Mailis Triana, d. (2019). Student"s Mathematical Communication Ability throungh the Brain-Based Learning Approach using Autograph. Research and Advances in Mathematic Education.
Nazriani, A. &. (2021). Pembelajaran dan Penilian Lengkap dengan Sintaks Pembelajaran Indikator Aplikasi dan Kisi-Kisi Soal. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Pada, K. Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Pendekatan Scientific Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere. Ilmiah Wahana Pendidikan.
Ramadhan, D. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik. {skripsi}: UIN-Sunan Ampel Surabaya.
Rizal, M. (2018). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Other Thingking Skills Siswa Kelas IV SD. {Skripsi}: Universitas Lampung.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung : Alfabeta.
Wahyudi, F. S. (2018). Desain Media Sederhana Untuk Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pontianak: Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI.
Yolanda, F. &. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education).
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 19(2), 123–130.
Thiagarajan, S. Semmel, D.S. Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Source Book. Bloomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widoyoko, E.P. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan Aspek Materi dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,3(1), 162-172).