PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP PADA MATERI SPLDV

Penulis

  • Muhammad Ainul Razaq UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Reflina UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

E-LKPD, Discovery Learning, SPLDV

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan media pembelajaran matematika E-LKPD yang berbasis discovery learning pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam konteks ini, peneliti menerapkan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII-5 di SMP Pahlawan Nasional Medan dengan jumlah 24 orang. Berdasarkan hasil penelititian menunjukkan bahwa hasil uji validitas E-LKPD masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 93%, sedangkan hasil praktikalitas E-LKPD masuk dalam kategori sangat praktis angket guru dengan persentase 90%, dan angket siswa dengan persentase 84,27% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis, dengan hasil 0,81 adalah kategori efektif. Sehingga E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi SPLDV dikategorikan valid, praktis, dan efektif.

 ABSTRACT  This research aims to develop and create E-LKPD mathematics learning media based on discovery learning on SPLDV material. This research uses research and development methods (Research and Development). In this context, researchers apply the R&D research method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The population of this study was all students in class VIII-5 at the Medan National Hero Middle School with a total of 24 people. Based on research results, it shows that the results of the E-LKPD validity test are in the very valid category with an average of 93%, while the practicality results of the E-LKPD are in the very practical category of teacher questionnaires with a percentage of 90%, and student questionnaires with a percentage of 84.27%. in the very practical category. And the post-test results show an increase in students' ability to solve mathematical problems, with a result of 0.81 being the effective category. So E-LKPD Based on Discovery Learning for Middle School Students on SPLDV Material is categorized as valid, practical and effective.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Faudah, L. F. (2021). Pengembangan Lkpd Elektronik ( E- Lkpd ) Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Bermuatan Etnosains Pada Materi. Skripsi, 6.

Hasibuan, A. F. (2024). Journal of Mathematics Education. 9, 141–150.

Hayatul Husna, N., Marzal, J., & Yantoro. (2022). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. 11(3), 2085–2095.

Juwita, R., Putri Utami, A., & Sri Wijayanti, P. (2019). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED. 3(1).

Nurillahwaty, E. (2022). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. 1(November), 81–85.

Permatasari Munir, N. (2018). Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme dengan Media E - Learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. 6(2), 167–178.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 05(01), 86–96.

Putri, F. N., Siswanto, R. D., & Mawaddah, M. (2023). Pengembangan E-LKPD Untuk Menanamkan. 75–85.

Rahmawati, L. H. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) …… .. 8, 504–515.

Rosdianaa, L., Ubay, A. N., & Sabtiawan, W. B. (2019). Analysing problem solving skills of secondary school students by using a student worksheet Analysing problem solving skills of secondary school students by using a student worksheet. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012204

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. 3, 123–133.

Septiarini, E. ., Sripatmi, Kurniawan, E., & Baidowi. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Mataram pada Materi Pola Bilangan yang Menggunakan Pembelajaran Melalui WhatsApp Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 58–71.

Shabira, N., & Andhany, E. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Euclid, 10(1), 147. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8532

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian pendidikan.

Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students‟ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14 (2), 375–383.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024

Cara Mengutip

Razaq, M. A., samin Lubis, M., & Reflina. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP PADA MATERI SPLDV. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(5). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1164

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>