PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA SMP PADA MATERI SPLDV
Kata Kunci:
E-LKPD, Discovery Learning, SPLDVAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan media pembelajaran matematika E-LKPD yang berbasis discovery learning pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam konteks ini, peneliti menerapkan metode penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII-5 di SMP Pahlawan Nasional Medan dengan jumlah 24 orang. Berdasarkan hasil penelititian menunjukkan bahwa hasil uji validitas E-LKPD masuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 93%, sedangkan hasil praktikalitas E-LKPD masuk dalam kategori sangat praktis angket guru dengan persentase 90%, dan angket siswa dengan persentase 84,27% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil post-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis, dengan hasil 0,81 adalah kategori efektif. Sehingga E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa SMP Pada Materi SPLDV dikategorikan valid, praktis, dan efektif.
ABSTRACT This research aims to develop and create E-LKPD mathematics learning media based on discovery learning on SPLDV material. This research uses research and development methods (Research and Development). In this context, researchers apply the R&D research method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The population of this study was all students in class VIII-5 at the Medan National Hero Middle School with a total of 24 people. Based on research results, it shows that the results of the E-LKPD validity test are in the very valid category with an average of 93%, while the practicality results of the E-LKPD are in the very practical category of teacher questionnaires with a percentage of 90%, and student questionnaires with a percentage of 84.27%. in the very practical category. And the post-test results show an increase in students' ability to solve mathematical problems, with a result of 0.81 being the effective category. So E-LKPD Based on Discovery Learning for Middle School Students on SPLDV Material is categorized as valid, practical and effective.
Unduhan
Referensi
Faudah, L. F. (2021). Pengembangan Lkpd Elektronik ( E- Lkpd ) Berbasis Problem Based Learning ( Pbl ) Bermuatan Etnosains Pada Materi. Skripsi, 6.
Hasibuan, A. F. (2024). Journal of Mathematics Education. 9, 141–150.
Hayatul Husna, N., Marzal, J., & Yantoro. (2022). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. 11(3), 2085–2095.
Juwita, R., Putri Utami, A., & Sri Wijayanti, P. (2019). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED. 3(1).
Nurillahwaty, E. (2022). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. 1(November), 81–85.
Permatasari Munir, N. (2018). Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Konstruktivisme dengan Media E - Learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. 6(2), 167–178.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 05(01), 86–96.
Putri, F. N., Siswanto, R. D., & Mawaddah, M. (2023). Pengembangan E-LKPD Untuk Menanamkan. 75–85.
Rahmawati, L. H. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) …… .. 8, 504–515.
Rosdianaa, L., Ubay, A. N., & Sabtiawan, W. B. (2019). Analysing problem solving skills of secondary school students by using a student worksheet Analysing problem solving skills of secondary school students by using a student worksheet. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012204
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. 3, 123–133.
Septiarini, E. ., Sripatmi, Kurniawan, E., & Baidowi. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Mataram pada Materi Pola Bilangan yang Menggunakan Pembelajaran Melalui WhatsApp Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 58–71.
Shabira, N., & Andhany, E. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Euclid, 10(1), 147. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8532
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian pendidikan.
Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students‟ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14 (2), 375–383.