PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Kata Kunci:
LKPD, Model Treffinger, Pembelajaran Jarak JauhAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKPD berbasis model treffinger yang valid, praktis, dan efektif agar dapat diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Subjek penelitian ini adalah para ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dari dosen dan pendidik matematika serta 27 peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta UISU Medan. Objek penelitian ini adalah LKPD materi program linear berbasis model treffinger. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket respon pendidik dan peserta didik dan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan LKPD dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 4,51. Hasil uji kepraktisan LKPD dinyatakan praktis dengan rata-rata 3,8. Dan hasil uji keefektifan, pembelajaran menggunakan LKPD terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,6 dengan kategori sedang yang berarti bahwa LKPD berbasis model treffinger dapat digunakan pada pembelajaran jarak jauh.
ABSTRACT This study aims to develop and produce LKPD based on Treffinger model that is valid, practical, and effective so it can be applied in distance learning on linear program material. This is a Research and Development (R&D) research using 4-D model, namely Define, Design, Develop, and Dessiminate. The subjects are experts of material, media, and linguist from lecturer and teacher of mathematic also 27 students grade XI IPA at UISU senior high school Medan. The object is LKPD of Linear program material based on the treffinger model. Data collection instruments is validation questionnaire, questionnaire response of teacher and students also the form of pretest and post-test. The result showed that the LKPD validity test was stated to be very valid with an average of 4.51. The result of the practically test of LKPD were practical with an average of 3.8. And the effectiveness test, learning using LKPD was increase in student learning outcomes by 0.6 with a medium category, which means that LKPD based on the treffinger model can be applied in distance learning.
Unduhan
Referensi
Ammy, P. Maisyarah., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Video Pembelajaran Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Pedagogic, 5(1). 27-35
Balitbang Kemendikbud. (2018). Laporan Nasional PISA 2018 Indonesia. Diakses dari https://litbang.kemdikbud.go.id/pisa pada tanggal 30 September 2021
Dursun, T., Oskaybaş, K., & Gökmen, C. (2013). The Quality Of Service Of The Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1133-1151
Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis problem based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920-929
Handayani, R. (2020). Efektivitas perangkat pembelajaran menggunakan model treffinger untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal at-Tarbawi, 12(1), 93-107
Harisuddin, M., Iqbal. (2020). Pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi Covid-19 meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 2 Kotabaru. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 205-215
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal No. 15 Tahun 2020.https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Mulyasa E. (2005). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya
Nurmukhametov, N., et al. (2015). The Problems of Development of Distance Education in Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 15-19
Pehnoken, E. (1997). The state of art in mathematical creativity. ZDM, 29(3), h. 63-67