ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN METODE NEWMAN

Penulis

  • Adinda Permata Sari UIN Sumatera Utara
  • Rustam UIN Sumatera Utara
  • Siti Maysarah UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Soal cerita matematika, kesalahan siswa, metode Newman, Math word question, student errors, Newman method

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika berlandaskan dengan metode Newman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII-1 di MTs Negeri 1 Deli Serdang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 dari 5 jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu, kesaalahan membaca soal (reading error) dengan jumlah 16 kesalahan, kesalahan dalam memahami soal (understanding error) dengan jumlah 24 kesalahan, kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error) dengan jumlah 4 kesalahan, kesalahan dalam menuliskan hasil akhir (endcoding error) dengan jumlah 6 kesalahan. Kesalahan tersebut terjadi dikarenakan beberapa indikator yaitu, tidak membaca soal dengan baik dan teliti, tidak menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, tidak menghitung proses penyelesaian soal dengan benar, tidak menuliskan hasil akhir sesuai yang diminta soal, atau salah dalam menuliskan hasil akhir.

Kata kunci: Soal cerita matematika; kesalahan siswa; metode Newman.

 

ABSTRACT      This research aims to determine student errors in solving math word problems based on the Newman method. The method used in this research is the descriptive qualitative method. The research subjects were all students of class VII-1 at MTs Negeri 1 Deli Serdang. The data analysis technique used is the data analysis technique of the Miles and Huberman model. The results showed that there were 4 out of 5 types of errors made by students in solving math story problems, namely, reading errors (reading mistakes) with a total of 16 errors, errors in understanding questions (understanding errors) with a total of 24 errors, errors in skills process (process skill error) with a total of 4 errors, a mistake in writing the final result (end coding error) with a total of 6 errors. The error occurred due to several indicators, namely, not reading the questions carefully and adequately, not writing down things that were known and asked about from the questions, not calculating the problem-solving process correctly, not writing down the final results as requested by the questions, or writing wrong answers.

Keywords: Math word question; student errors; Newman method.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Sari, A. P., Rustam, & Maysarah, S. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN METODE NEWMAN. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 189–195. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/87

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>