ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINIER

Penulis

  • Mustofa Akhyar UIN Sumatera Utara
  • Mardianto UIN Sumatera Utara
  • Siti Maysarah UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Analisis Kesulitan, Soal Cerita, Program Linear, Metode Newman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kesulitan siswa kelas XII IPA dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier berdasarkan analisis Newman. (2) Penyebab siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linier. (3) Upaya mengatasi kesulitan mengerjakan soal cerita pada materi program linier. Analisis terhadap kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier yaitu: (1) Kesalahan dalam membaca masalah,(2) Kesalahan dalam memahami masalah,. (3) Kesalahan dalam transformasi masalah, (4) Kesalahan dalam keterampilan proses. (5) Kesalahan dalam penulisan jawaban akhir Adapun upaya dalam mengatasi siswa YANG mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita pada materi program linier adalah dengan: (1) Mengikuti bimbingan belajar, (2) Melakukan edukasi yang baik antara guru dengan para siswa di kelas. (3) Melakukan diskusi kelompok antar teman sejawat, (4) Saling membahas penyebab siswa mendapatkan remedial serta mencari solusinya, serta; (5) Diadakannya bimbingan pribadi antar guru dengan murid.

Kata Kunci: Analisis Kesulitan; Soal Cerita; Program Linear; Metode Newman.

 

ABSTRACK       This study aims to determine: (1) The level of difficulty of class XII science students in working on story problems on linear programming material based on Newman's analysis. (2) The cause of students' difficulties in solving story problems on linear programming material. (3) Efforts to overcome the difficulties of working on story problems on linear programming material. Analysis of the errors made in working on story problems on linear programming material, namely: (1) Errors in reading the problem, (2) Errors in understanding the problem,. (3) Errors in problem transformation, (4) Errors in process skills. (5) Errors in writing the final answer. The efforts to overcome students who have difficulty in working on story questions on linear program material are: (1) Following tutoring, (2) Conducting good education between teachers and students in class. (3) Conduct group discussions among peers, (4) discuss the causes of students getting remedial and find solutions, and; (5) The holding of personal guidance between teachers and students.

 Keywords: Difficulty Analysis; Story Problems; Linear Programming; Newman's method.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Akhyar, M., Mardianto, & Maysarah, S. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINIER . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 166–173. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/74

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>