PERBEDAAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DAN TALKING CHIPS SISWA SMP MUHAMMADIYAH KABANJAHE

Penulis

  • Rama Dania UIN Sumatera Utara Medan
  • Syaukani UIN Sumatera Utara Medan
  • Ella Andhany UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Talking Stick, Talking Chips, Berpikir kreatif

Abstrak

Penelitian ini dilakukan melatarbelakangi metode yang digunakan pada proses belajar yang sangatlah terbatas dan cukup membuat siswa jenuh saat menjalani proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan metode talking stick dan talking chips siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kabanjahe. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel random, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan soal tes yang terdiri dari 5 butir soal uraian, dan analisisnya dengan Uji-T dengan memperoleh hasil 1,048 yang berarti terdapat perbedaan dari metode talking stick dan talking chips. Dan dari temuan ini disarankan untuk guru menggunakan metode talking chips untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

ABSTARCT            This research was conducted against the background of the methods used in the learning process which were very limited and capable of making students bored while going through the learning process. This study aims to evaluate differences in the ability to think creatively using the talking stick and talking chips method for class VII students of SMP Muhammadiyah Kabanjahe. In this study using quantitative methods with random sampling techniques, data collection techniques with interviews and test questions of 5 essay questions, and the analysis with the T-test to obtain a result of 1.048 which means there is a difference between the talking stick and talking chips methods. And from these findings it is suggested that teachers use the talking chips method to impove students creative thingking.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardhilla, Cut, Putri, dkk. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika: ISSN:2355-4185(p). 2548-8546(e).

Az.Zahra, Fatimah, Nasiruddin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Pengenalan Lambang Bilangan Romawi pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Maros Journal of Education. Language Teaching and Science. Volume 1. p-ISSN: 2656-9914 e-ISSN: 2656-8772.

Ikhsan & Ekasatya. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika: ISSN: 2086- 4280/e-ISSN: 2527-8827.

Indra, Jaya. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Medan: Prenadamedia Group.

Masikem, dkk. (2016). The Implimentation of Cooperative Learning Model talking Chips and Quick on the Draw to Enhance Motivation and Social Studies Learning Outcome. Jurnal of Research & Method in Education. vol. 6 (3).

Maysarah, Siti. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif matematik Siswa Melalui Project Based Learning Berbantuan MS. Excel di Kelas XI SMA Asy- Syafi’iyah Internasional Medan. Jurnal Axiom: UIN-SU Medan.

Nanda & Mawadi. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan: p-ISSN:2656-8063/e-ISSN: 2656-8071.

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Dania, R., Syaukani, & Andhany, E. (2023). PERBEDAAN BERPIKIR KREATIF MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DAN TALKING CHIPS SISWA SMP MUHAMMADIYAH KABANJAHE. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 201–205. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/842

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>