ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SPLTV DI KELAS X
Kata Kunci:
Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, SPLTVAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan metakognitif siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi rendah dan sedang dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Tes Soal, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan kategorisasi data. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Waktu. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa ketercapaian tahap keterampilan metakognitif ketiga subjek pada kelas X SMAN 1 Simpang Kiri pada keterampilan metakognitif dilihat dari tahap Polya. Subjek T menampilkan keterampilan metakognitif sangat baik, Subjek S menampilkan keterampilan metakognitif dengan baik, Subjek R menampilkan keterampilan metakognitif kurang baik.
ABSTRACT This study aims to determine the metacognitive skills of students who have high and low mathematical abilities in solving math problems on the material of the Three Variable Linear Equation System. This research is a qualitative research that uses a descriptive approach. The research subjects were students of class X SMAN 1 Simpang Kiri Subulussalam City for the 2020/2021 academic year. Data collection is done through observation, test questions, interviews and documentation. The data analysis technique used is data reduction and data categorization. Checking or checking the validity of the data is done by Time Triangulation. Based on the results of the research analysis, it can be seen that the achievement of the metacognitive skill stage of the three subjects in class X SMAN 1 Simpang Kiri on metacognitive skills seen from the Polya stage. Subject T displays very good metacognitive skills. Subject S displays metacognitive skills well, Subject R displays poor metacognitive skills.
Unduhan
Referensi
Ardie, Romli dkk. (2020). Meretas Kampus Masa Depan Gemilang. Banten: Desanta Muliavisitama.
Nurhayati, Agung Hartoyo, Hamdani. Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Bangunan Datar Di Kelas VII SMP.
https://media.neliti.com/media/publications/214841-kemampuan-metakognisi-siswa-dalam-pemeca.pdf
Pipit Andri Rahdiyanti, Nining Setyaningsih. (2018). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Matematika SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Zakaria, E., dan Maat, S.M. 2010. Analysis of Students Error in Learning of Quadratic Equations. International Studies. 3. (3). 105-110.
http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1065893.pdf
Suryabrata, Sumadi. (1987). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.