PERBEDAAN METODE CERAMAH PLUS DAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
Metode Ceramah Plus, Metode Tutor Sebaya, Gaya BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode ceramah plus dan metode tutor sebaya (peer teaching) terhadap gaya belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X SMAS YPK Medan T.A 2021/2022. Penelitian dengan populasi berjumlah 79 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 22 siswa masing-masing kelas MIPA 1 dan MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes 5 soal essay untuk pre-test dan post-test dan angket untuk gaya belajar siswa. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual antara metode ceramah plus dan metode tutor sebaya (peer teaching), dengan f hitung=0,183<4,75. 2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan gaya belajar auditorial antara metode ceramah plus dan metode tutor sebaya (peer teaching), dengan f hitung =1,217<4,75. 3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik antara metode ceramah plus dan metode tutor sebaya (peer teaching), dengan f hitung=4,848>4,75. 4) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan f hitung =3,102<4,75. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih baik diajarkan dengan metode tutor sebaya (peer teaching) daripada dengan metode ceramah plus.
ABSTRACK peer tutoring method on student learning styles on the material of a three-variable system of linear equations in class X SMAS YPK Medan T.A 2021/2022. This research with a population totaling 79 students, while the sample is 22 students each MIPA class 1 and MIPA 2 class. The research instrument used is a test of 5 essay questions for pre-test and post-test and questionnaire for student learning styles. These findings indicate: 1) there is no difference in students' mathematics learning outcomes with visual learning styles between the lecture plus method and the peer teaching method, with =0.183<4.75. 2) there is no difference in students' mathematics learning outcomes with auditory learning styles between the lecture plus method and the peer teaching method, with =1,217<4.75. 3) there are differences in students' mathematics learning outcomes with kinesthetic learning styles between the lecture plus method and the peer teaching method, with =4.848>4.75. 4) there is no interaction between learning methods and student learning styles on students' mathematics learning outcomes, with =3.102<4.75. The conclusion of this study explains that students' mathematics learning outcomes with kinesthetic learning styles are better taught by the peer tutoring method than the lecture plus method.