ANALISIS KEMAMPUAN SPATIAL THINKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK

Penulis

  • Azizah Suci Mestika Nasution UIN Sumatera Utara Medan
  • Syaukani UIN Sumatera Utara Medan
  • Ella Andhany UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan, Spatial Thinking, Kubus dan Balok

Abstrak

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Kemampuan Spatial Thinking Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 08 Medan”, yang dilatarbelakangi untuk memperoleh deskripsi tentang hasil Analisis Kemampuan Spatial Thinking siswa Kelas VIII SMP Swasta
Muhammadiyah 08 Medan pada materi bangun ruang kubus dan balok. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan landasan filsafat postpositivisme.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Kemampuan Spatial Thinking pada pembelajaran matematika Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok di Kelas 8 SMP Swasta Muhammadiyah 08 Medan selama ini belum dikenal oleh siswa sebelum peneliti
mengadakan penelitian di sekolah. 2). Ada Peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya Spatial Thinking pada pembelajaran matematika Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok di Kelas VIII SMP Swasta Muhammadiyah 08 Medan. Hal ini terbukti dari dari hasil penelitian yang dilakukan melalui tes dan wawancara yang pada awalnya
mendapat nilai rata-rata 33 (dibawah KKM) menjadi 67 yang berarti mengalami peningkatan perolehan nilai namun belum memenuhi KKM.

ABSTARCT          The study entitled "Analysis of Spatial Thinking Ability in Mathematics Learning on the Topic of Cubes and Blocks in Class VIII of Muhammadiyah 08 Medan Private Junior High School" aimed to obtain a description of the results of the analysis of the Spatial Thinking ability of students in Class VIII of Muhammadiyah 08 Medan Private Junior High School on the topic of cubes and blocks. The approach used in this research was a qualitative approach based on post- positivism philosophy. The results of this research indicate that: 1) Spatial Thinking ability in learning Mathematics on the topic of Cubes and Blocks in Class VIII of Muhammadiyah 08 Medan. Private Junior High School was not previously known by
students before the researcher conducted the study at the school. 2) There was an improvement in student learning outcomes after the application of Spatial Thinking in learning Mathematics on the topic of Cubes and Blocks in Class VIII of Muhammadiyah 08 Medan Private Junior High School. This was demonstrated by the results of the research conducted through tests and interviews which initially received an average score of 33(below KKM) to 67, which means an increase in the acquisition of grades but still not meeting KKM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hidayat, A. (2017, Februari 1). Metode penelitian adalah: pengertian, tujuan, jenis, manfaat, contoh. Statistikian. https://www.statistikian.com/2017/02/metodepenelitian- metodologi-penelitian.html

Hudoyo, H. (1988). Mengajar belajar matematika. Direktotar Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nasution, A. R., & Nur, W. (2016). Teori belajar dan pembelajaran. Perdana Publishing.

Slameto. (1988). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 (2023). https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Mestika Nasution, A. S., Syaukani, & Andhany, E. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN SPATIAL THINKING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 154–166. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/815

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>