PERBEDAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN LSQ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Penulis

  • Khoirunnisa Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Lisa Dwi Afri UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Reciprocal Teaching, Model Learning Start With A Question (LSQ).

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Learning Start With A Question (LSQ). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi adalah semua kelas VIII. Sampel
diambil dengan teknik penarikan sampel random dan didapat 2 kelas yakni kelas VIII Audio-2 yang diajar dengan Reciprocal Teaching dan kelas VIII Visual-2 yang diajar dengan Learning Start With A Question (LSQ). Analisis data menggunakan uji t dan telah terpenuih prasyarat sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Hasil pada penelitian ini yaitu:1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII Audio-2 yang diajar menggunakan model Reciprocal Teaching dapat disimpulkan bahwa termasuk dalam kategori baik. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII Visual-2 yang diajar menggunakan model Learning Start With A Question (LSQ) dapat disimpulkan bahwa termasuk dalam kategori baik. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan model pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ).

ABSTRACT           This study aims to determine the differences in mathematical problem solving ability of students who are taught with the Reciprocal Teaching and Learning Start With A Question (LSQ) learning model. This research is quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all class VIII. Samples were taken using random sampling techniques and obtained 2 classes, namely class VIII Audio-2 which was taught with Reciprocal Teaching and class VIII Visual-2 which was taught with Learning Start With A Question (LSQ). Data analysis used t-tests and prerequisites for samples to be derived from normal, homogeneous distributed populations. The results of this study are: 1) The
mathematical problem solving ability of class VIII Audio-2 students who are taught using the Reciprocal Teaching model can be concluded that they are included in the good category. 2) The mathematical problem solving ability of class VIII Visual-2 students who are taught using the Learning Start With A Question (LSQ) model can be concluded that it belongs to the good category. 3) There are differences in the mathematical problem-solving ability of students taught with the Reciprocal Teaching learning model and the Learning Start With A Question (LSQ) learning model.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aqiyuddin, M. (2005). Penidikan Untuk SemuaDasar dan Falsafah Pendidikan Luar Sekolah. Cirebon: STAIN Cirebon Press.

Patoni, P. (2009). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Redaksi Sinar Grafika.

Effendi Leo, A. (2012). “Pembelajaran Matematika Dengan MetodePenemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemammpuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP”. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(2). 12-26.

Sukardi, A., Susilo, H., dan Zubaidah, S. (2015). “Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA”.Jurnal Pendidikan Sains. 3(2). 81-89.

Sumartini, TA,. (2016). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. 5(2). 149-157.

Rahmasari S dan Helti M. (2018). “Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Materi Pecahan Oleh Siswa SMP Ditinjau Dari Tahapan Polya”. Jurnal Pendidikan Mtematika. 4(2). 146-154.

Rahmayani, D. (2020). “penerapan pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa”. Pasundan Journal Of Mathematics Education :Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1). 1-21.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2023

Cara Mengutip

Hasibuan, K., Lubis, M. S., & Afri, L. D. . (2023). PERBEDAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN LSQ TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 23–31. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/792

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>