PENGARUH METODE ANALITIK DAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KOMUNIKASI SISWA

Penulis

  • Geubry Virnauly UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Yahfizham UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Penalaran Matematis, Komunikasi Matematis, Metode Analitik, Metode Proyek Transformasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode analitik dan proyek terhadap kemampuan penalaran matematis dan komunikasi siswa pada transformasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MAN 4 Pidie Tahun Pelajaran 2021-2022.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 sebanyak 27 siswa yang diajar dengan metode analitik dan kelas XI-IPS 1 sebanyak 22 siswa yang diajar dengan metode proyek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Sebelumnya tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis ini telah diuji coba dikelas XI MAN 5 Pidie untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat
kesukaran, dan daya beda soal. Setelah dianalisis dengan ANAVA Temuan penelitian ini ialah1) Terdapat pengaruh antara metode analitik dan proyekterhadap kemampuan penalaran siswa, dengan Fhitung>Ftabel yaitu 13,88344> 4,03 pada taraf (α = 0,05). 2)Terdapat pengaruh antara metode analitik dan proyek terhadap kemampuan komunikasi siswa, dengan Fhitung < Ftabel yaitu 4,241564 < 4,09 pada taraf (α = 0,05). Maka kesimpulan penelitian ini adalah metode analitik dan proyek lebih berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis daripada komunikasi matematis.

ABSTRACK                  This study aims to determine the effect of analytical methods and projects on students' mathematical reasoning and communication skills on transformation. This research is a type of quantitative research with experimental methods. The population is all students of class XI MAN 4 Pidie for the academic year 2021-2022. The sample in this study was class XI-IPA 1 as many as 27 students who were taught by the analytical method and class XI-IPS 1 as many as 22 students who were taught by the project method. The data collection technique in this research is a test of mathematical reasoning and communication skills. Previously, this mathematical reasoning and communication ability test had been
tested in class XI MAN 5 Pidie to determine the validity, reliability, level of difficulty, and differentiating power of the questions. After being analyzed by ANOVA, the findings of this study are 1) There is an influence between analytical methods and projects on students' reasoning abilities, with Fcount > Ftable which is 13.88344> 4.03 at the level (α = 0.05). 2) There is an influence between analytical and project methods on students' communication skills, with Fcount < Ftable i.e. 4.241564 < 4.09 at the level (α = 0.05). So the conclusion of this study is that analytical methods and projects have more influence on mathematical reasoning abilities than mathematical communication.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui

Problem Based-Learning. (Jurnal Pendidikan Matematika) Vol. 01 No. 2.

Hasanah, H. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan SoalTurunan

Fungsi Aljabar. (InTent) Vol. 2. No. 1.

Herianti, dkk. (2020). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Sas

(Struktural Analitik Sintetik) Dengan Metode Global Berbantuan Kemampuan

gambar Di Kelas II Sd 045 Tarakan. (Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Vol. 4 No. 1: 11- 24 ISSN. 2549-0591.

Pane, A. Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. (Fitrah). Vol. 03 No. 2 e-

ISSN: 2460-2345. p-ISSN: 2442-6997.

Rahmah, N. (2013). Alkhawarizmi: Belajar Bermakna Ausubel. Vol 1 No 1.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. (Al-Khwarizmi). Vol. 2.

Suhartono. (2020). An Analitical Affectivity Of Group Investigation On Student

Understanding Technique Writing A Papaer In Study Program Islamic Education Religion. (JALIE: Journal Of Applied Linguistics And Islamic Education). Vol 4 No 1.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. (JPM IAIN Antasari). Vol. 01 No. 2.

Sri Sumartini, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. (Jurnal Pendidikan Matematika). Volume 5. Nomor 1.

Salmina, M. Khairun Nisa, S. (2018). Jurnal Numeracy: Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berlandaskan Gender Pada Materi Geometri. Vol. 5. No1.

Wayan Rati, N. dkk. (2017).Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol. 6. No.1.

Unduhan

Diterbitkan

27-02-2023

Cara Mengutip

Virnauly, G., Lubis, M. S., & Yahfizham. (2023). PENGARUH METODE ANALITIK DAN PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KOMUNIKASI SISWA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–5. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/719

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>