PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN PEER TEACHING TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Nikmah Ainiah UIN SUMATERA UTARA
  • Syarbaini Saleh UIN SUMATERA UTARA
  • Tanti Jumaisyaroh UIN SUMATERA UTARA

Kata Kunci:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Berpikir kreatif, Metode Pembelajaran Coovertive Script, Metode Pembelajaran Peer Teaching

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script dan metode pembelajaran peer teaching di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022 yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-6 dan kelas dan Kelas VIII-7 yang masing-masing berjumlah 30 siswa, untuk dijadikan kelas eksperimen ditentukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian. Analisis uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script dengan perolehan nilai rata-rata 47,33333 dan dengan yang menggunakan metode pembelajaran peer teaching dengan perolehan nilai rata-rata 47,6667, dengan nilai thitung > ttabel  yaitu: - 0,0394737618 > -2,009 maka H0 ditolak dan Ha diterima.

ABSTRACT

This study aims to determine the difference between mathematical communication skills using cooperative script learning methods and peer teaching learning methods in class VIII SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022. This research is a quantitative research, with the type of experimental research. The population is all seventh grade students of SMP PAB 2 Helvetia T.A 2021/2022, totaling 240 students. The sample used in this study was class VIII-6 and class and class VIII-7, each of which amounted to 30 students, to be used as an experimental class determined by cluster random sampling. The data collection technique used test questions in the form of descriptions. Hypothesis test analysis was performed using the
independent sample T-test. The results showed 1) there were differences in students' mathematical communication skills using the cooperative script learning method with an average score of 47.33333 and those using the peer teaching learning method with an average score of 47.6667, with tcount > ttable, namely : - 0.0394737618 > -2.009 then H0 is
rejected and Ha is accepted. 2)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2022

Cara Mengutip

Ainiah, N., Saleh, S. ., & Jumaisyaroh, T. (2022). PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN PEER TEACHING TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 126–133. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/209

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama