PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 49 MEDAN

Penulis

  • Dina Elvio UIN Sumatera Utara Medan
  • Sajaratud Dur UIN Sumatera Utara Medan
  • Reflina UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Modul, Digital Interaktif

Abstrak

Penerapan teknologi pada media pembelajaran di sekolah masih rendah. Rendahnya penerapan teknologi pada media pembelajaran dapat dilihat dari bagaimana pengalaman belajar yang terjadi di dalam kelas. Metode penelitian dan pengembangan yang disebut Research and Development dengan menerapkan model 4-D (four-D) Thiagarajan, yang terdiri atas 4 langkah, yaitu Define, Design, Develop dan Dessiminate. Namun peneliti mengubah model 4-D menjadi 3-D, agar menghemat waktu dan biaya dalam proses penelitian. Melalui hasil penelitian diperoleh bahwa 1) dibutuhkan pengembangan produk pendidikan berupa modul digital interaktif materi aritmatika sosial. Penelitian ini menghasilkan modul digital interaktif aritmatika sosial yang terdiri dari halaman cover, halaman petunjuk, halaman KD-KI, halaman materi, halaman evaluasi, halaman profil dan 2) pengembangan Modul Digital Interaktif Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah 49 Medan memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase sebesar 88% untuk guru dan sebesar 84% untuk siswa, maka dikategorikan kriteria “sangat praktis” sehingga produk pendidikan modul digital interaktif sangat praktis, sangat mudah untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

ABSTRACT The application of technology to learning media in schools is still low. The low application of technology in learning media can be seen from how the learning experience occurs in the classroom. The research and development method are called Research and Development by applying the Thiagarajan 4-D (four-D) model, which consists of 4 steps, namely Define, Design, Develop and Dessiminate. However, researchers changed the 4-D model to 3-D, in order to save time and money in the research process. Through the results of the research, it was obtained that 1) the development of educational products in the form of interactive digital modules of social arithmetic materials is needed. This research produced an interactive digital module of social arithmetic consisting of a cover page, instruction page, KD-KI page, material page, evaluation page, profile page and 2) the development of an Interactive Digital Module of Social Arithmetic Material in Class VII of Muhammadiyah 49 Private Junior High School Medan meets the criteria of practicality with a percentage of 88% for teachers and 84% for students, so it is categorized as a "very practical” criterion so that the educational products of the interactive digital module very practical, very easy to use in the learning process.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Eksplorasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Keyakinan (Belief) Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 17–28.

Al Farisi, S., Yuhasriati, & Usman. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Open-ended dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(2), 121–129.

Anggraini, N. P., Siagian, T. A., & Agustinsa, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis AKM. ALGORITMA: Journal Of Mathematics Education, 4(1), 58–78.

Asrawati, N., & Sulaiman, U. K. (2020). Comparison of Student Learning Outcomes Through The Application of Accelerated Learning Method with Conventional Methods in Mathematics Learning Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Accelerated Learning dengan Metode Konvensional dala. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 183–191.

Cysarah, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 7 Palembang. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 52–64.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 107–114.

Mulyati, S., Suryani, Y., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(02), 123–132. https://doi.org/10.25134/equi.v16i02.2174

Mursidah, S., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2019). Hubungan antara Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berkomunikasi dengan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Biologi melalui Strategi Pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1071. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12676

Pane, I. P. P. (2019). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Man Tapanuli Selatan. Mathematic Education Journal MathEdu, 2(2), 22–28.

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.

Sari, D. M., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & ... (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Accelerated Learning (Al). …, 1–14. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/119

Sinaga, M. S., & Rakhmawati, F. (2022). Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1301–1314. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1361

Sudarmaji, S., & Maarif, M. A. (2021). Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Model Accelerated Learning. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 66. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i2.8874

Sunardjo, R. N., Yudhianto, S. A., Rahman, T., Kunci, K., Keterampilan, :, Dasar, B., & Kritis, K. B. (2016). Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS 133 Analisis Implementasi Keterampilan Berpikir Dasar dan Kompleks dalam Buku IPA Pegangan Siswa SMP Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. 13(1), 133–144.

Wulandari, F. A., Kurniawati, U. M., & Rohimawan, M. A. (2020). Problematika Mata Pelajaran Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 109–115. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4945

Unduhan

Diterbitkan

13-08-2024

Cara Mengutip

Elvio, D., Dur, S. ., & Reflina. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 49 MEDAN. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1124

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>