PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK MATERI MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS X

Penulis

  • Evi Alismianti UIN Sumatera Utara Medan
  • Mardianto UIN Sumatera Utara Medan
  • Rusydi Ananda UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

LKPD, Pendekatan Realistik

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan keefektifan LKPD berbasis pendekatan realistik pada materi matematika. Subjek penelitian kelas X MIPA 1 SMAN 2. Penelitian menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination). Analisis dilakukan terhadap angket validasi model teori LKPD, angket validasi LKPD, dan analisis skor Pretest dan Postest menggunakan uji hipotesis Paired Sample t-Test berbantuan aplikasi Ms. Excel. Uji dilakukan dengan taraf signifkansi 5%. Kelayakan LKPD diperoleh dari analisis model teori, analisis kelayakan Didaktis, Konstruksi dan teknis dengan kritrerie sangat baik. Sedangkan keefektifan LKPD berdasarkan data pretest dan postest yang diuji menggunakan uji liliefors pada taraf signifikansi 5%, kedua data berdistribusi normal yaitu l hitung < l tabel (H0 diterima) dengan nilai  Lhitung pretest= 0,17, Lhitung Postest = 0,17 dan Ltabel = 0,19. Kemudian data tersebut diuji hipotesisnya dengan uji Paired Sample t-Tes (Uji t sampel berpasangan) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh dengan │thitung│= 1,8824 dan tTabel = 0,19. Karena t hitung >  t tabel (Ha diterima) berarti terdapat pengaruh yang signifkan terhadap pembelajaran setelah menggunakan LKPD berbasis pendekatan realistik.

ABSTRACT           Thesis research was conducted to determine the process of developing, feasibility and effectiveness of LKPD based on a realistic approach to mathematics material. The research subject is class X MIPA 1 SMAN 2 Torgamba. The research uses a 4D model (Define, Design, Development, and Dissemination). The analysis was carriedot on the LKPD theoretical model validation questionnaire, LKPD validation questionnaire, and analysis of the Pretest and Postest scores using the Paired Sampe t-Test hypothesis test assisted by the Ms. The test was carried out with a significance level of 5%. The feasibility of the LKPD was obtained from the analysis of the theoretical model with a percentage of 100% (Excellent Criteria), Didactic, Construction and technical eligibility requirements with a percentage of 98.9% (Very God Criteria). While the effectiveness of LKPD based on pretest and posttest data tested using the Liliefors test at a significance level of 5%, both data are normally distributed, namely l count < l tabel (H0 is accepted) with l count pretest = 0.17, l count Posttest = 0.17
and Ltable= 0.19. Then the data was tested for hypotheses with the Paired Sample t-Test with a significance level of 5% obtained with t count=1.824 and t table=1.725. Because t count  > t table (Ha is accepted) it means that there is a significant effect on learning after using LKPD based on a realistic approach.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arsyad. Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada Monika Siahaan. Theresia. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan- Realistic Mathematics Education. jurnal Open Access MES: Mathematic Education and Science, Vol 5, No. 2. Juni. 2020. UISU.

https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/2549 Ningsih. Seri. Realistic Mathematic Education- Model Alternatif Pembelajaran Matematika. jurnal JPM IAIN Antasari. Vol. 01 No. 2 Januari-Juni 2014. h. 73-94. http://dx.doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Prastowo. Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik- Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Prastowo. Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sari. Ranti Mustika. Dkk. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Matematic Educaton (RME) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Formatf 7(1): 66-74. UIN SUSKA-Riau. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1108.

Hendra Darmodjo dan Jenny R. E. Kaligis (dalam https://eprints.uny.ac.id/48934/3/4.%20BAB%20II.pdf) Wijaya. Ariyadi. (2011). Pendidikan Matematika Realistiik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Alismianti, E., Mardianto, & Ananda, R. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK MATERI MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS X. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 206–212. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/539

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>