STUDI LITERATURE REVIEW: KESALAHAN DALAM PEMBUKTIAN MATEMATIS
Kata Kunci:
Kesalahan, Pembuktian Matematis, MatematikaAbstrak
Pembuktian matematis menjadi ciri khusus dari kajian ilmu matematika sebagai respresentasi membahasakann matematika agar mudah lebih dipahami. Tujuan penelitian ini adalah menelaah, mengetahui, dan memahami berbagai jenis kesalahan dalam pembuktian matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Study Literature Review atau tinjauan pustaka mengenai kesalahan-kesalahan pembuktian matematis meliputi materi yang ada dalam pembelajaran matematika yaitu geometri, teori bilangan, trigonometri, struktur aljabar, dan analisis real malalui Google Scholar dan SINTA beperingkat dari 1 sampai 6 yang diterbitkan dari tahun 2013 sampai 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan pembuktian matematis yang dominan diantarnya kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan perhitungan.
ABSTRACT Mathematical proof is a special feature of the study of mathematics as a representation of discussing mathematics to make it easier to understand. The purpose of this research is to examine, know, and understand various types of errors in mathematical proof. The method used in this research is Study Literature Review or literature review on mathematical proof errors covering materials in mathematics learning, namely geometry, number theory, trigonometry, algebraic structure, and real analysis through Google Scholar and SINTA ranked from 1 to 6 published from 2013 to 2023. The results showed that the dominant types of mathematical proof errors included concept errors, procedural errors and calculation errors.
Unduhan
Referensi
Arifin, S. A. N. (2021). Analisis Jawaban Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Geometri Berdasarkan Teori Newman. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1395-1408.
atimah, F. (2017). Deskripsi Kesalahan Mahasiswa Dalam Membuktikan Suatu Grup Studi Pada Mahasisiwa Pendidikan Matematika Universitas Al Asyariah Mandar. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 5(1), 38-47.
Dewi, N. S., & Dasari, D. (2023). Systematic literature review: kemampuan pembuktian matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 240-254.
Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105-116.
Fitriani, D., Halini, H., & Suratman, D. (2021). Analisis Kesalahan. Siswa. Dalam Pembuktian Pernyataan Matematika Menggunakan Induksi Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(6).
Handayani, U. F., Hakim, W., & Putri, A. O. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Identitas Trigonometri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 27-42.
Hanna, G.;Jahnke, H.N; Pulte, H. (2010). Explanation and Proof in Mathematics: Philosophical and Educational Perspectives
Hermanto, Kodirun, & Anggo, M. (2016). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa SMA Terhadap Matriks Ditinjau Dari Pengetahuuan Awal Matematika. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 1(6), 11–18.
Herutomo, R. A. (2019). Kesalahan mahasiswa dalam pembuktian matematik. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 53-67.
Indahwati, Rohmah. 2017. Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal INOVASI, 19 (2): 1-7.
Maifa, T. S. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Transformasi Geometri. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(1), 8-14.
Maryono, I., Amanda, S., Dewi, L., Syaf, A. H., Matematika, P. P., Tarbiyah, F., Sunan, U. I. N., Bandung, G. D., & No, J. A. H. N. (2018). Melalui Metode Moore. 4(2), 72–82.
Nihayah, E. F. K., & Lajiba, S. B. S. (2018). Identifikasi Kesalahan Konseptual Mahasiswa dalam Pembuktian Sifat Kealjabaran Bilangan Real dengan Alternatif Penyelesaian Revolusi Sosiokultural (Studi Kualitatif Eksploratif pada Mahasiswa Semester V FKIP Untika). JURNAL KOULUTUS, 1(2), 16-35.
Qomari, N., Sesanti, N. R., & Marsitin, R. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Pembuktian Trigonometri dengan Tahapan Newman’s Error Analysis (Nea). Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2.
Radiusman, R., & Simanjuntak, M. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Aljabar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 149-159.
Stefanowicz, A., & Kyle, J. (2014). Proofs and mathematical reasoning. Thesis. University of Birmingham.
Syafri, F. S. (2019). Pengaruh kemampuan representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(May), 49–55.
Waluyo, M., & Sari, C. K. (2017). Kesalahan penalaran dalam pembuktian masalah struktur aljabar. JIPMat, 2(2).
Widiastuti, A., Suwito, A., & Susanto, S. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Geometri Analitik Materi Segitiga. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 484-490.
Yazidah, N. I. (2017). Analisis kesalahan menyelesaikan soal pembuktian geometri Euclid ditinjau dari gender pada mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 71-80.
Yazidah, N. I., Sulistyorini, Y., & Kartika, E. D. (2022). Analisis Kesalahan dalam Pembuktian Teorema Bilangan Bulat pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 17-26.
Yuniati, S. (2014). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Struktur Aljabar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7(2), 72-81.
Zaslavsky, O., Nickerson, S. D., Stylianides, A. J., Kidron, I., & Winicki-Landman, G. (2011). The need for proof and proving: Mathematical and pedagogical perspectives. In Proof and proving in mathematics education (pp. 215–229). Springer.