PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
Kata Kunci:
Missouri Mathematics Project, Kemampuan Representasi MatematisAbstrak
Penelitian ini diletarbelakangi rendahnya kemampuan matematis siswa terkhusus kemampuan representasi matematis yang tidak sejalan dengan tujuan pembelajaran sehingga menjadikan proses belajar-mengajar tidak efektif dan efesien. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain One Group pretest-postest design. Kelas eksperimen merupakan kelas yang mendapat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII di SMP Delisha tahun ajaran 2023/2024 dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-A untuk kelas eksperimen dan kelas VIII-B untuk kelas kontrol dengan masing-masing jumlah siswa sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, serta permasalahan yang telah dirumuskan maka peneliti membuat kesimpulan yaitu hasil untuk hipotesis penelitian menunjukkan yakni dengan nilai rata-rata eksperimen yaitu 85,32 dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 76,92. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan representasi matematis pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Swasta Delisha Tandam Hilir II.
ABSTRACT This research is based onlow mathematical abilities of students, especially mathematical representation abilities, which are not in line with learning objectives, making the teaching and learning process ineffective and inefficient.This research method is Quasi Experimental with One Group pretest-posttest design. The experimental class is a class that receives learning with the Missouri Mathematics Project (MMP) Learning Model.The population in this study includes all students in classVIII at Delisha Middle Schoolacademic year 2023/2024 with two classes as samples, namely class VIII-A for the experimental class and class VIII-B for the control class with each number of students as many as 25 people. The sampling technique used wasrandom sampling.Based on the research results that have been presented, as well as the problems that have been formulated, the researcher made a conclusion, namely that the results for the research hypothesis show that with the average experimental value being 85.32 and the average value of the control class being 76.92. It can be concluded that there is an influence of the Missouri Mathematics Project (MMP) learning model on the mathematical representation ability in the number pattern material of class VIII of Delisha Tandam Hilir II Private Middle School.
Unduhan
Referensi
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 82.
Fauziah, A., & Sukasno, S. (2015). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi matematis Matematika Siswa Sma N I Lubuklinggau. Infinity Journal, 4(1), 10. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.67
Frisken, S. F., Perry, R. N., Rockwood, A. P., & Jones, T. R. (2000). Adaptively Sampled Distance Fields: A General Representation of Shape for Computer Graphics. SIGGRAPH 2000 - Proceedings of the 27th Annual Conference on Computer Graphics and Interactive Techniques, 249–254. https://doi.org/10.1145/344779.344899
Jamun, Y. M., Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, & Rudolof Ngalu. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 46–50. https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.253
Jaya, I. (2019). PENERAPAN STATISTIK UNTUK PENELITIAN PENDIDIKAN (1st ed.). PRENADAMEDIA GROUP.
Jaya, I., & Ardat. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan.
Nugroho, D., & Widodo, A. (2018). Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283