PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Penulis

  • Farah Mutia UIN Sumatera Utara Medan
  • Asrul UIN Sumatera Utara Medan
  • Nur Ainun Lubis UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Flipped Classroom, Google Classroom, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian ini  membahas tentang pengaruh model flipped classroom berbantuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP yang bertujuan untuk mengetahui ini apakah terdapat pengaruh model  flipped classroom berbatuan google classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas VII SMP Swasta Cerdas Murni Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propability sampling jenis cluster sampling. Instrumen yang digunakan berupa test essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Swasta Cerdas Murni Tembung.

ABSTRACT This research discusses the influence of the flipped classroom model assisted by Google Classroom to improve the ability to understand mathematical concepts of junior high school students with the aim of finding out whether there is an influence of the flipped classroom model assisted by Google Classroom to improve the ability to understand mathematical concepts in class VII of Tembung Smart Murni Private Middle School. This research is a quasi-experimental type of quantitative descriptive research. The sampling technique used is probability sampling, cluster sampling type. The instrument used is an essay test. The data analysis technique used is the t-test. Data analysis was carried out using the t-test. The findings show that there is an influence of the flipped classroom model to improve the ability to understand mathematical concepts of Tembung Smart Murni Private Middle School students.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Basriyah, K., Sulisworo, D., Maruto, G., Toifur, M., & Abd Rahman, N. H. (2020). Effects of the flipped classroom on understanding the thermodynamic concept at high school students. Universal Journal of Educational Research, 8(3 B). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081506

Bunyamin, A., Arwizet, K., & Aziz, A. (2019). Penerapan Metode Belajar Diskusi Berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pengelasan Smk Negeri 1 Kecamatan Guguak. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1).

M. Ardiansyah, M. A., & Nugraha, M. L. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828

Nurmala, S., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2.

Pianda, D. (2020). PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI KELAS DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2). https://doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7672

Rahmayanti, A., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Fungsi Komposisi Sebagai Alternatif Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Development of Composition Function Video Learning As an Alternative Teaching Materials in. 3, 57–64.

Sari, L. P., Handika, M., Rosita, E., Sari, M., Anggoro, B. S., & Putra, F. G. (2019). The Flipped Classroom Strategy using Learning Video: Applied toward the Ability to Understand Mathematical Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012088

Sayekti, Y. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i1.7348

Vasanth, S., & Sumathi, C. S. (2020). Learning Management Systems through Moodle and Google Classroom for Education. Advances in Research. https://doi.org/10.9734/air/2020/v21i1030249

Widyaningsih. (2019). Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media Google Classroom Terhadap HOTS, Motivasi dan Minat Peserta Didik. Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 102–113.

Widyastuti, R., Suherman, Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2020). Understanding Mathematical Concept: The Effect of Savi Learning Model with Probing-Prompting Techniques Viewed from Self-Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012060

Wikasari, A., Suarsana, I. M., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Experience, Language, Picture, Symbol, Application (ELPSA) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3517

Unduhan

Diterbitkan

16-08-2024

Cara Mengutip

Mutia, F., Asrul, & Ainun Lubis , N. . (2024). PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1126

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>