PENGARUH METODE BEHAVIOR MODIFICATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

Penulis

  • Hafifiah Anggriyani UIN Sumatera Utara Medan
  • Asrul UIN Sumatera Utara Medan
  • Siti Maysarah UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematis Siswa, Metode pembelajaran, Behavior Modification

Abstrak

Penelitian ini hadir dikarenakan adanya kendala yang dialami siswa dalam menyelesaikan latihan soal karena ketidak pahaman  siswa  dengan konsep penyelesaian dari soal yang diberikan, dan semua itu dikarenakan banyak hal yang berkesinambungan  seperti siswa tidak paham dengan materi sebelumnya, siswa malu untuk  bertanya, sehingga siswa tidak bisa mengerjakan PR dan menerima pelajaran baru yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Behavior Modification Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII MTs Alwashliyah Tebing tinggi Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design atau eksperimen semu. Analisis data dilakukan dengan uji t (Independent Sampel T-Test).Hasil temuan menunjukkan bahwa : Dalam penelitian ini data yang diperoleh  menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar t-tablel yaitu 0,69 > 0,36 dan telah mengarah peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya. hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Behavior Modification pada materi Perbandingan dapat meningkatkan hasil belajar matematis.

ABSTRACT This study was conducted due to the obstacles experienced by students in completing practice questions due to students' lack of understanding of the concept of solving the questions given, and all of that is due to many ongoing things such as students not understanding the previous material, students being embarrassed to ask, so students cannot do homework and accept new lessons given by the teacher. This study aims to determine the Effect of the Behavior Modification Method on Students' Mathematical Learning Outcomes in Comparison Material in Class VII MTs Alwashliyah Tebing Tinggi in the 2023/2024 Academic Year. This research is a quantitative study with a Quasi Experimental Design or pseudo-experimental research type. Data analysis was carried out using the t-test (Independent Sample T-Test). The findings show that: In this study the data obtained showed that the t-count was greater than the t-table, namely 0.69> 0.36 and had led to a better improvement than before. the results of the study above, it can be concluded that the use of the Behavior Modification learning method in Comparison material can improve mathematical learning outcomes.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afri, L. D. (2020). PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN TPS DAN G. AXIOM.

IIS, Y. (2022). LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN BEHAVIOUR MODIFICATION UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IX MTs NEGERI 3 BANDUNG. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(2). https://doi.org/10.51878/educational.v2i2.1188

Ilhamsyah, I., Syafii, A., & Akib, I. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya, 2(1). https://doi.org/10.30605/27458326-60

Liana Fitri Nurkhasanah. (2019). Pengaruh Penerapan Pengelolaan Kelas Dengan Behavior Modification Approach Terhadap Hasil belajar siswa kelas VII Pada pembelajaran IPS Di SMP Negeri Sukorambi [Skripsi]. Universitas Jember.

Rafiqah, R., Suhardiman, S., & Fauziah, F. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL MODIFIKASI TINGKAH LAKU (BEHAVIORAL MODIFICATION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA, 1(1). https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20832

Rahma, I. F., Hrp, N. A., & Rohani, R. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Behavior Modification dan Metode Guided Discovery pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri I Merbau. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 4(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v4i1.1433

RISKIJATIN, R. (2023). PENERAPAN HIGHER ORDER THINKING LEARNING MELALUI METODE PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG HIMPUNAN. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4). https://doi.org/10.51878/teaching.v2i4.1886

Rosmawati, Andi Zam Immawan Alam, & Salmiati, S. (2020). Penerapan Konseling Rational Emotif Behavior Therapy Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Mengikuti Pelajaran Matematika. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1). https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.599

Siregar, N., Hasanah, H., & Ginting, S. S. B. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Basicedu, 6(1), 415–422. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1929

Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Behavior Modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2). https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p221

Susanti, W. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KECEMASAN BELAJAR. EUREKA MEDIA AKSARA.

Unduhan

Diterbitkan

13-08-2024

Cara Mengutip

Anggriyani, H., Asrul, & Maysarah, S. (2024). PENGARUH METODE BEHAVIOR MODIFICATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1117

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>