PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA TIPE HOTS
Kata Kunci:
CIRC, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita, HOTSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efek atau pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang memerlukan ketrampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thingking Skills atau HOTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain Pre-test Post-test control group. Validasi instrumen dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Analisis data menggunakan uji t untuk menguji perbedaan rata-rata hasil pre-test dan post-test antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan menyelesaikan soal cerita tipe HOTS antara kelas eksperimen dan kelas kontol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (83,78) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (74,81). Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita tipe HOTS
ABSTRACT This research aims to examine the effect or influence of implementing the CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) cooperative learning model on students' ability to solve story problems that require higher order thinking skills (HOTS). The method used in this research was a quasi-experiment with a Pre-test Post-test control group design. Instrument validation is carried out through tests of validity, reliability, distinguishability and level of difficulty of the questions. Data analysis used the t test to test the difference in average pre-test and post-test results between the two groups. The research results showed that there was a significant difference in the ability to solve HOTS type story problems between the experimental class and the control class. The average post-test score for the experimental class (83.78) was higher than the control class (74.81). These findings indicate that CIRC type cooperative learning is effective in improving the ability to solve HOTS type story problems.
Unduhan
Referensi
Amara, P. M., & Puspaningtyas, N. D. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 7–19.
Baeti, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar SIswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(1), 58–62.
Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 103–112.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika , 5(1), 42–57.
Huda, Mi. (2013). Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Padigmatis (S. Z. Qudsy & A. Fawaid, Eds.; Cetakan I). Pustaka Pelajar.
Inayah, F., & Agoestanto, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari resiliensi Mathematis: Tinjauan Pustaka Sitematis. Jumlahku: Jurnal Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 74–86.
Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Abdussalam & siddik, Eds.; Cetakan Pertama). Media Persada.
Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1017–1023. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780
Sari, R., Jaenudin, A., & Rosita, N. T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Pi-Math Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(2), 56–66. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-mathAngkrekSituNo.16Tlp.
Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR, Ed.; 2018th ed.). Ar-Ruzz Media.
Yulisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Baca Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Siswa Kelas XI.