KAJIAN LITERATUR : MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF MELALUI LESSON STUDY DALAM MENINGKATKAN PERKULIAHAN ANALISIS REAL
Kata Kunci:
Pembelajaran Kooperatif, Lesson Study, Kualitas PerkuliahanAbstrak
Analisis Real adalah salah satu mata kuliah yang diberikan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika yang didesain dalam model pembelajaran kooperatif berbasis lesson study dan dapat meningkatkan kualitas perkuliahan Analisis Real mahasiswa. Kegiatan Lesson study pada mata kuliah Analisis Real dimulai dari plan (perencanaan), Do (pelaksanaan) dan See (Refleksi). Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat kualitas perkuliahan Analisis Real mahasiswa melalui model pembelajaran Kooperatif berbasis lesson study. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kajian literatur, peneliti mencari data dari jurnal yang relevan mengenai model pembelajaran kooperatif lesson Study dalam meningkatkan perkuliahan Analisis Real yang kemudian dikaji dan dilampirkan pada bagian hasil dan pembahasan hingga menghasilkan suatu kesimpulan. Dari hasil pengamatan dari beberapa jurnal yang relavan ternyata bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis lesson study dapat meningkatkan aktivitas dan kualitas perkuliahan Analisis Real pada mahasiswa pendidikan matematika.
ABSTRACT Real Analysis is one of the courses given to students in the mathematics education study program which is designed in a cooperative learning model based on lesson study and can improve the quality of students' Real Analysis lectures. Lesson study activities in the Real Analysis course start from plan (planning), Do (implementation) and See (Reflection). The aim of this research is to see the quality of students' Real Analysis lectures through a cooperative learning model based on lesson study. The method used in this research is literature review, the researcher looks for data from relevant journals regarding the lesson study cooperative learning model in improving Real Analysis lectures which is then studied and attached to the results and discussion section to produce a conclusion. From the results of observations from several relevant journals, it turns out that the cooperative learning model based on lesson study can increase the activity and quality of Real Analysis lectures for mathematics education students.
Unduhan
Referensi
Andayani, Sutrisni. (2011). Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Nuansa Kependidikan, 15(1).
Ekawati, Darma Jumarniati. (2018). Implementasi Lesson Study pada Mata Kuliah Analisis Real Program Study Pendidikan Matematika. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1).
Fauziyah, Nur. (2013). Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Pembelajaran Melalui Diskusi dengan Strategi Leveling Study Workssheet. (Lesson Study dengan Mengambil Obyek Mata Kuliah Kalkulus I) Malah disajikan dalam Seminar.
Habsy, Bahrudin Al. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2).
Hudoyo, Herman. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Mahmudi, Ali. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Mtematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU.
Siska, C. N. (2013). Implementasi Lesson Study Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 1.
Slavin, R . E. (1995). Cooperative Learning Theory, Reseach and Practice. Boston: Allyn and Bacon.