KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN ANALISIS REAL: SISTEMATYC LITERATURE REVIEW
Kata Kunci:
Kemampuan, Matematis, Analisis RealAbstrak
Keterampilan pembuktian matematis merupakan inti dari disiplin analisis praktis dan memperdalam pemahaman konsep matematika dasar. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana kemampuan matematis mahasiswa dalam pembuktian analisis real. Metode yang digunakan SLR (systematic Literature Review). Data yang digunakan dari 15 jurnal didapatkan 5 jurnal yang sesuai tujuan penelitian. Dalam penelitian ini jurnal yang menjadi objek penelitian adalah jurnal yang dipublikasikan dari tahun 2015 sampai 2023. Hasil penelitian sebagian besar mahasiswa masih memiliki kemampuan yang rendah dalam pembuktian matematis pada pembelajaran analisis real. Selain itu, ditemukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah analisis real kurang sesuai dengan karakteristik mahasiswa, sehingga menghasilkan pengalaman belajar yang monoton dan kurang efektif.
ABSTRACT Mathematical proof skills are at the heart of the discipline of practical analysis and deepen understanding of basic mathematical concepts. The aim of this research is to see how students' mathematical abilities are in proving real analysis. The method used is SLR (systematic literature review). The data used from 15 journals resulted in 5 journals that matched the research objectives. In this research, the journals that are the object of research are journals published from 2015 to 2023. The results of the research are that most students still have low abilities in mathematical proof when learning real analysis. In addition, it was found that the learning methods used in real analysis courses were less suited to student characteristics, resulting in a monotonous and less effective learning experience.
Unduhan
Referensi
Adamura, F., & Susanti, V. D. (2018). PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH ANALISIS REAL BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR INTUITIF. In Journal of Mathematics and Mathematics Education (Vol. 8, Issue 2). https://jurnal.uns.ac.id/jmme
Ah, N. I. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ANALISIS REAL BERBASIS PEMBUKTIAN PADA SEMESTER V UNMUH JEMBER.
Farhan, M., & Rahman Hakim, A. (2021). KEMANDIRIAN BELAJAR, ADVERSITY QUETIONT DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATAKULIAH ANALISIS REAL. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1687-1698
Gunawan, (2017). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL LANJUT. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(1). https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/article/download/2798/2710
Hanifah, H., Sumardi, H., & Febrila, L. G. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3216–3228. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2913
Hodiyanto, H., & Susiaty, U. D. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. MaPan, 6(1), 128–137. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a12
Isran, D. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis model struktur representasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika untuk meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Junizon, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level ++ Terhadap Kemampuan Pembuktian Teorema Pada Analisis Real Di. In Universitas Muhammadiyah Bengkulu. JPMR (Vol. 04, Issue 01). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Kartika, E. D., Cipta, D. A. S., & Rohmah, L. N. (2021). PENGEMBANGAN REALQU UNTUK MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 435. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3357
Kartika, E. D., & Yazidah, N. I. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA MATAKULIAH ANALISIS REAL BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 152–157. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/1385/1114
Lestari, K. E. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL. Jurnal Kajian Pendidikan da Pengajaran,1(2), 128-135. https://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/20/10
Matematika, J. P., Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). PEMETAAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SEBAGAI PRASYARAT MATA KULIAH ANALISIS RIIL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA (Vol. 2, Issue 1). https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/54/35
Qomariyah, S., & Rosyidah, U. (2022). Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 396–400. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1865
Septiati, E. (n.d.). (2015) KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGKONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 4(1), 64–72. https://jurnal.univpgri palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/6761/5323
Wahidin Ashari, N., Studi Pendidikan Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Cokroaminoto Palopo, U. (n.d.). PERBANDINGAN KEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS DITINJAU DARI KECAKAPAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATAKULIAH ANALISIS REAL. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/712/605