MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN ANALISIS REAL MELALUI PENDEKATAN INTERAKTIF
Kata Kunci:
Analisis Real, Pendekatan Interaktif, Pemahaman MateriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pendekatan interaktif terhadap kualitas perkuliahan Analisis Real, dengan fokus pada peningkatan pemahaman materi, kemampuan pemecahan masalah, dan keterlibatan mahasiswa. Tinjauan pustaka ini menyajikan kerangka teoritis dan penelitian terdahulu yang mendukung penggunaan pendekatan interaktif dalam perkuliahan Analisis Real. Pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, diskusi, dan kesimpulan adalah tahapan-tahapan dari tinjauan literatur ini. Menurut analisis temuan dari 8 publikasi yang diterbitkan antara 2010 sampai 2021 menunjukkan bahwa, mahasiswa pendidikan matematika memiliki kesulitan memahami materinya serta dalam menyelesaikan soal maupun dalam menjalankan matakuliah hariannya. pendekatan interaktif menjadi strategi yang menjanjikan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan Analisis Real. Diharapkan bahwa pendekatan interaktif ini dapat menghasilkan peningkatan signifikan dalam pemahaman materi, kemampuan pemecahan masalah, dan persiapan mahasiswa untuk tantangan di masa depan
ABSTRACT This research aims to evaluate the impact of an interactive approach on the quality of Real Analysis lectures, with a focus on increasing understanding of the material, problem solving abilities and student engagement. This literature review presents the theoretical framework and previous research that supports the use of an interactive approach in Real Analysis lectures. Data collection, data reduction, data display, discussion and conclusions are the stages of this literature review. According to an analysis of findings from 10 publications published between 2010 and 2021, it shows that mathematics education students have difficulty understanding the material as well as solving problems and carrying out their daily courses. An interactive approach is a promising strategy for improving the quality of Real Analysis lectures. It is hoped that this interactive approach can result in significant improvements in students' understanding of the material, problem-solving abilities, and preparation for future challenges.
Unduhan
Referensi
Nurdalilah (2019). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Real Berbasis Konstruktivisme Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Graha Nusantara. Jurnal Estupro. Vol. 4 No.
Kurniati, D (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Analisis Real Berbasis Web Dalam Bentuk E-Learning. Kadikma. Vol. 5, No. 3.
Kristayulita (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jumadika). Volume 2 Nomor 2.
Ekawati, D (2018). Implementasi Lesson Study Pada Mata Kuliah Analisis Real Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol. 1, No. 1.
Helma (2019). Penggunaan Flow Proof Pada Perkuliahan Analisis Real Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menganalisis Pembuktian. Jurnal Eksatak Pendidikan. Volume 3 Nomor 1.
Pasangka, I, G (2021). Analisis Pengaruh Keterampilan Dosen Mengajar Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Dalam Perkuliahan Analisis Real I. Aksioma. Volume 10, No. 4.
Helma (2010) . Eningkatan Kualitas Perkuliahan Analisis Real Ii Melalui Strategi Pemecahan Masalah Terstruktur Menggunakan Lembaran Tugas Terpadu. Eksakta. Vol. 2.
Laurens,T . Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika).Volume 3 Nomor 2.