ANALISIS PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Penulis

  • Taufik Hidayat UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Lailatun Nur Kamalia UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Reward, Punishment, Aljabar

Abstrak

Pendidikan adalah menjadi usaha guna menolong siswa mendapatkan juga menumbuhkan sendiri semua kemampuan yang dipunyai. Pendidikan juga menghasilkan kondisi dengan kemungkinan bagi siswa bisa bertumbuh dengan optimal. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas VII, guru bidang studi matematika, dan peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Dengan adanya reward dan punishment peserta didik merasa lebih semangat dan lebih giat dalam belajar khususnya pada pelajaran Matematika materi bentuk aljabar yang kebanyakan siswa merasa kesulitan dalam pengerjaannya. Adapun bentuk reward yang diberikan ialah berupa hadiah (barang atau uang), bisa juga diberikan dengan tepuk tangan, dan kalimat-kalimat pujian atau kalimat motivasi untuk meningkatkan minat peserta didik untuk lebih giat belajar. Sedangkan bentuk punishment yang diberikan ialah anak-anak disuruh untuk berdiri di depan kelas/ lapangan, istighfar, meminta maaf, mengutip sampah, dan meminta anak-anak untuk berkeliling meminta tanda tangan guru, dan lain-lain.

ABSTRACT Education is an effort to help students acquire and develop their own abilities. Education also produces conditions with the possibility for students to grow optimally. This research method uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques by means of observation, interviews and documentation. The subjects in this research were class VII homeroom teachers, mathematics teachers, and students. The results of the research reveal that: With rewards and punishment, students feel more enthusiastic and more active in learning, especially in Mathematics lessons, algebra material, which most students find difficult to complete. The form of reward given is in the form of a prize (goods or money), it can also be given with applause, and sentences of praise or motivational sentences to increase students' interest in studying more actively. Meanwhile, the form of punishment given is that the children are told to stand in front of the class/field, forgive, apologize, cite rubbish, and ask the children to go around asking for the teacher's signature, etc.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrila, R., & Syahrilfuddin, S. (2020). PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 6 PEKANBARU. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1). https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7933

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Amaliya, N. K. (2018). Adversity Quotient Dalam Al-Qur’an. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 12(2). https://doi.org/10.37680/adabiya.v12i2.16

Amin, F. M. & K. A. W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Materi Aljabar dengan Strategi Polya dalam PBL Pendekatan Saintific. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 5(2).

Amiruddin Amiruddin, Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2022). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Chahal, R., Delevich, K., Kirshenbaum, J. S., Borchers, L. R., Ho, T. C., & Gotlib, I. H. (2021). Sex differences in pubertal associations with fronto-accumbal white matter morphometry: Implications for understanding sensitivity to reward and Punishment. NeuroImage, 226. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2020.117598

FIRDAUS, N. L. (2022). POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS 3B MIN 1 TUBAN SAAT PEMBELAJARAN DARING. Skripsi.

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendrian, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 08(1).

Pangestu, K. D. J., Zuhri, M. S., & Sugiyanti, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Ditinjau dari Gaya Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3). https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7547

Portengen, C. M., Sprooten, E., Zwiers, M. P., Hoekstra, P. J., Dietrich, A., Holz, N. E., Aggensteiner, P. M., Banaschewski, T., Schulze, U. M. E., Saam, M. C., Craig, M. C., Sethi, A., Santosh, P., Ouriaghli, I. S., Castro-Fornieles, J., Rosa, M., Arango, C., Penzol, M. J., Werhahn, J. E., … Naaijen, J. (2021). Reward and Punishment Sensitivity are Associated with Cross-disorder Traits. Psychiatry Research, 298. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2021.113795

Putra, E. D., Sufianto, H., & ... (2018). Penerapan Material Bambu Pada Elemen Bangunan Pasar Tradisional Di Desa Donowarih-Karangploso. Jurnal ….

Salamah, R. A., Fauziah, S., & Sutriyani, W. (2022). Peranan Pemberian Reward Dan Punisment Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Suharjo, B. (2021). Analyzing Problem Solving Difficulties on Applied Military Operation Research. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 9(3). https://doi.org/10.26858/jdm.v9i3.25075

syahrul abidin. (2017). Syahrul Abidin : Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Ihyau Arabiah, 2.

Wani, K. E., & Sutarini. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3).

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2024

Cara Mengutip

Hidayat, T., Lubis, M. S., & Kamalia, L. N. . (2024). ANALISIS PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1090

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>