ANALISIS JENIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM PEMBUKTIAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL
Kata Kunci:
kesalahan mahasiswa, pembuktian matematis, analisis realAbstrak
Penelitian ini membahas analisis jenis kesalahan mahasiswa dalam pembuktian matematis pada mata kuliah Analisis Real. Metode yang digunakan adalah systematic literature review. Hasil SLR yang telah dilakukan oleh peneliti menyimpulkan jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam pembuktian matematis terdiri atas empat yaitu (1) Kesalahan dalam membaca dan menafsirkan soal yang diberikan, (2) Kesalahan penalaran dan asumsi yang tidak tepat dalam pada pembuktian dengan kontradiksi, (3) Kesalahan dalam memilih alur pembuktian yang tepat, (4) Kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal baik pada tingkat ketelitian maupun pada alur pembuktian yang tepat. Penelitian ini menyoroti pentingnya pemahaman konsep matematika yang mendalam untuk menghindari kesalahan dalam pembuktian matematis.
ABSTRACT This research discusses the analysis of types of student errors in mathematical proof in the Real Analysis course. The method used is a systematic literature review. The results of the SLR carried out by researchers concluded that there were four types of errors made by students in mathematical proof, namely (1) Errors in reading and interpreting the questions given, (2) Errors in reasoning and inappropriate assumptions in proofs by contradiction, (3) ) Errors in choosing the correct proof flow, (4) Student errors in solving questions both at the level of accuracy and in the correct proof flow. This research highlights the importance of a deep understanding of mathematical concepts to avoid errors in mathematical proofs.
Unduhan
Referensi
Erawati, N. K., & Purwati, N. K. R. (2020). Kemampuan Pembuktian Matematika Berdasarkan Gender dan Gaya Belajar . Prima : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 109–120.
Fitriani, & Siahaan, M. M. L. (2022). Deskripsi Kemampuan Pembuktian Langsung Mahasiswa pada Matakuliah Analisis Variabel Riil. Range : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 112–121.
Herutomo, R. A. (2019). Kesalahan Mahasiswa dalam Pembuktian Matematik. Jurnal Didaktik Matenatika, 6(1), 53–67.
Hidayah, S., Laeli, S. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran , 5(1), 37–41.
Hodiyanto. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester V dalam Mengerjakan Soal Pengantar Analisis Real. EduSains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 33–44.
Kartika, E. D., & Yazidah, N. I. (2019). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Analisis Real Berdasarkan Adversity Quotient. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 152–157.
Kartini, & Suanto, E. (2015). Analisa Kesulitan Pembuktian Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. Prosiding Semirata, 189–199.
Lestari, K. E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. MENDIDIK : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 128–135.
Nihayah, E. F. K., & Lajiba, S. B. S. (2018). Identifikasi Kesalahan Konseptual Mahasiswa Dalam Pembuktian Sifat Kealjabaran Bilangan Real Dengan Alternatif Penyelesaian Revolusi Sosiokultural. Jurnal Koulutus : Jurnal Pendidikan Kahuripan , 1(2), 16–35.
Sanjaya, F. (2024). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengonstruksi Pembuktian Pada Mata Kuliah Pengantar Analisis Real. Range : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 143–153.
Suwanti, V., & Fayeldi, T. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Pernyataan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 175–184.
Takaendengan, B. R., Anwar, A., Takaendengan, W., & Kobandaha, P. E. (2022). Identifikasi Kesalahan Jawaban Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Real Berdasarkan Newmann’s Error Analysis. EULER : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 235–243.
Wati, R., & Ningtyas, Y. D. Wi. K. (2020). Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 5(1), 44–52.