PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SMA DI KELAS XI IPA UNTUK MENINGKAKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR

Penulis

  • Nurul Azmi UIN Sumatera Utara
  • Hadis Purba UIN Sumatera Utara
  • Ella Andhany UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, Matematika, Development, Multimedia Learning, Mathematics

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan produk mutimedia pembelajaran berbasis video animasi menggunakan kinemaster dan untuk mengetahui seberapa baik kualitas multimedia pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas kelas XI IPA SMAS IRA Medan. Materi yang dikembangkan adalah materi logika matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model 4D yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. Penelitian ini memiliki 4 tahapan yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA IRA Medan. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, angket motivasi dan respon peserta didik serta tes hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran matematika dalam berbasis video animasi menggunakan kinemaster yang baik dan layak dalam meningkatkan motivasi serta prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika.

Kata kunci: Pengembangan; Multimedia Pembelajaran; Matematika.

 

ABSTRACT       The purpose of this study was to determine the development of animation video-based learning multimedia products using Kinemaster and to find out how good the quality of learning multimedia was in increasing motivation and learning achievement of class XI science students at SMAS IRA Medan. The material developed is mathematical logic material. This type of research is development research (Development Research). This study develops a mathematics learning tool using the 4D model proposed by S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel and Melvyn I. Semmel. This research has 4 stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The sample in this study was class XI IPA SMA IRA Medan. The instruments of this research are validation sheets, motivation questionnaires and student responses and student learning outcomes tests. This research produces a multimedia learning mathematics based on animation video using kinemaster that is good and feasible in increasing students' motivation and learning achievement in mathematics.

Keyword : Development; Multimedia Learning; Mathematics.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Azmi, N., Purba, H., & Andhany, E. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SMA DI KELAS XI IPA UNTUK MENINGKAKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–211. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/91

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>