PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Raihan Nahriza Zairi UIN Sumatera Utara Medan
  • Lisa Dwi Afri UIN Sumatera Utara Medan
  • Ammamiarihta UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Adobe Flash, Penalaran Matematis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan media pembelajaran matematika dengan menggunakan Adobe Flash yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satu model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian adalah 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 84,5%, yang masuk dalam kriteria “sangat baik/sangat valid.” Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Flash dapat dikatakan layak dengan kategori valid.

ABSTRACT This research aims to develop and create valid mathematics learning media using Adobe Flash. The type of research used is development research or Research and Development (R&D) which refers to one of the learning system design models or approaches, namely the ADDIE model which stands for Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research subjects were 2 media experts and 2 material experts. The research instrument used was a media and material validation questionnaire. The research results show: (1) The validity of the media based on the assessment of media experts and material experts obtained an average percentage of 84.5%, which falls within the criteria of "very good/very valid." Based on the research results, the use of mathematics learning media using Adobe Flash can be said to be in the valid category.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, G., Akbar, M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., Bernard, M., & Siliwangi, I. (2018). Analisi Kemampuan Penalaran Dan Self Confidance Siswa SMA Dalam Materi Peluang. Journal On Education P, 1(1), 14–21.

Batubara, A. A., Mursid, R., & Erika. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 10 MAS. ISLAMIYAH SUNGGAL. 9(1), 1–8.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia, 3.

Damayanti, A. E., Syafei, I., Komikesari, H., & Rahayu, R. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Eduation, 1(1), 63–70. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. In Samudra Biru.

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894

Hutabri, E. (2022). Validitas Media Pembelajaran Multimedia Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Snistek, 296–301.

Rosnani, R., Sugiyono, S., & Tampubolon, B. (2015). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika menggunakan alat peraga realita di kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8529/pdf

Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem. Biodik, 5(3), 181–196. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Unduhan

Diterbitkan

10-10-2024

Cara Mengutip

Zairi, R. N., Afri, L. D. ., & Ammamiarihta. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(5). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1155

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>