PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Kata Kunci:
E-Modul Matematika, Software, Flip PDF ProfessionalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul matematika yang valid, praktis, dan efektif dengan bantuan software flip pdf professional. Metodologi penelitian menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test untuk menguji perbedaan pretest dan posttest serta uji n-gain score untuk melihat tingkat efektifitas e-modul. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria valid dengan hasil penilaian sebesar 80% dari ahli media, 88% dari ahli materi, dan 86% dari ahli bahasa, (2) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata hasil respon peserta didik sebesar 89% dengan kategori “sangat praktis”, dan (3) e-modul matematika dengan menggunakan software flip pdf professional pada materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi kriteria efektif dengan hasil uji paired sample t-test memperoleh t-hitung > t-tabel yaitu -42,131>2,109 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test serta rata-rata n-gain score yang diperoleh sebesar 76% dengan kategori “efektif.” Dengan dimikian, e-modul matematika yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
ABSTRACT This study aims to develop a valid, practical, and effective mathematics e-module with the help of professional flip pdf software. The research methodology uses the R&D method with the ADDIE development model. The data analysis technique uses the paired sample t-test to test the difference between the pretest and posttest and the n-gain score test to see the level of effectiveness of the e-module. The results of the study revealed that (1) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the valid criteria with an assessment result of 80% from media experts, 88% from material experts, and 86% from language experts, (2) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the practical criteria with an average student response result of 89% with the category "very practical", and (3) the mathematics e-module using the flip pdf professional software on the material of the two-variable linear equation system met the effective criteria with the results of the paired sample t-test obtaining t-count > t-table, namely -42.131> 2.109, which means that there is a significant difference between the pre-test and post-test and the average n-gain score obtained is 76% with the category "effective." Thus, the mathematics e-module developed is valid, practical, and effective for use in the learning process.
Unduhan
Referensi
Agustin, P., & Intan Permatasari, R. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Kompensasi terhadap Kinerja Divisi New Product Development (NPD) pada PT. Mayora Indah Tbk. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2), 74–84.
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm.
Ainun Nisa, H., Mujib, & Yunian Putra, W. R. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. JPMR, 05(02), 13–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
Alrois Ariska, P. (2018). Peran Guru sebagai Pembimbing dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 4(1), 45–58.
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika (D. S. Marsa Ibrahim, Ed.; Cetakan Pertama). Universitas Hamzanwadi Press.
Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-Modul Berbasis Android. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 476–482. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI.
Handayani, R., Mamoh, O., Nur Ahzan, Z., & Fitriani. (2023). Efektivitas Penggunaan E-Modul terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 2071–2078. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Khumairah Fiqrillah, S., Khalifah Mustami, M., & Muis, A. (2022). Keefektifan E-Modul Berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE) pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Menjadi Peneliti Dan Pendidik Penggerak Bidang Biologi Di Era Merdeka Belajar, 26–33.
Lidrawan, M., Erniwati, & M, H. (2022). Pengembangan E-Modul Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Flip PDF Professional pada Materi Gelombang Mekanik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3), 172–179. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i3
Mapilindo, Rahmawati, S., & Gulyanto, B. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Program IPS SMA Negeri 1 Kisaran. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 350–356. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10509
Mutmainnah, Aunurrahman, & Warneri. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Nikmawati, Suryo Bontoro, H., & Santoso. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 254–259. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
Nurhasanah, A., & Darmansyah. (2024). Pengembangan E-Modul pada Metode Inquiry Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di MAN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9745–9757.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitas, dan R&D (27th ed.). ALFABETA.
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan (D. Ilham, Ed.; Cetakan I). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.