ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN METODE NEWMAN
Kata Kunci:
Kesalahan Siswa, Soal Cerita Matematika, Metode NewmanAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode pendekatan desriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam mengenai sesuatu yang kita teliti atau kita amati.Salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa adalah menyelesaikan soal cerita matematika. Hasil penelitian tentang kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh para siswa tersebut dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah kesalahan dalam membaca soal dilakukan sebanyak 0 kesalahan, kesalahan dalam memahami soal dilakukan sebanyak 28 kesalahan, kesalahan dalam mentransformasi soal dilakukan sebanyak 38 kesalahan, kesalahan dalam memproses soal dilakukan sebanyak 38 kesalahan dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan dilakukan sebanyak 38 kesalahan. Terdapat 4 jenis kesalahan dari 5 jenis kesalahan dalam metode Newman yang dilakukan oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Angkola Barat yaitu kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam mentransformasi soal, kesalahan dalam memproses soal, dan kesalahan dalam penarikan kesimpulan.
ABSTRACT This study employs a descriptive qualitative approach aimed at providing a comprehensive and in-depth understanding of the subject being researched or observed. One of the essential skills students must master is solving word problems in mathematics. The research findings regarding the errors made by students in solving mathematical word problems show the following: no errors were made in reading the problem, 28 errors occurred in understanding the problem, 38 errors were made in transforming the problem, 38 errors happened in processing the problem, and 38 errors occurred in drawing conclusions. Out of the five types of errors in the Newman method, four types were identified among the eighth-grade students at SMP Negeri 2 Angkola Barat: errors in understanding the problem, errors in transforming the problem, errors in processing the problem, and errors in drawing conclusions.
Unduhan
Referensi
Amin, K., Kamid, K., & Hariyadi, B. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.692
Hidayat, M. I., Supratman, & Lestari, P. (2022). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dan Self-Efficacy Siswa Pesantren dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2099–2109.
Kurnia, L., & Yuspriyati, D. N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan SoalAritmatika Sosial Berdasarkan Analisis Newman. Matematics Paedagogic, IV No. 2(2).
Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1). https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.26534
Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa smadalam menjawab soal dimensi tiga berdasarkan teori newman. MAJU, 7(2), 182–190.
Ningsih, I. F., Hutapea, N. M., & Roza, Y. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri Berbasis Etnomatematika Menggunakan Teori Nolting. Mathema Journal , 5(2), 150–161.
Putri, S. M. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1). https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i1.1368
Salamah, D. P., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Newman Terhadap Materi Peluang Kejadian Majemuk Ditinjau Dari Gender Dan Self Confidence Pada Siswa Kelas Xii Smk Di Bandung Barat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 273–284. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.273-284
Sulilistry, A. I., & Meliyana, S. M. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional, 03(01).
Sulisilawati, W. (2020). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Cv. Insan Mandiri.
Tias, A. A., & Ismail, I. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika SPLTV Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 12(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n2.p359-371