PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH

Penulis

  • Dara Afri Yani UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Nur Ainun Lubis UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekaran quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 150 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 50 siswa, dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan nilai post-test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas serta hipotesis menggunakan uji t. Hasil hipotesis kemampuan berpikir kritis didapat jumlah, T-hitung > T-tabel yaitu 2,051942642 > 1,70814, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran project-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil hipotesis kemampuan pemecahan masalah didapat jumlah T-hitung < T-tabel, yaitu 1,690763525 > 1,677224196, sehingga H1 diterima, H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran project-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah.

ABSTRACT This research aims to determine the effect of the project-based learning model on critical thinking abilities and problem-solving abilities. This research is quantitative research with a quasi-experimental approach. The population in this study was 150 students. The sample for this research was 50 students, where class VIII-2 as the experimental class had 25 students and class VIII-1 as the control class had 25 students. The data collection method uses posttest scores. Data analysis techniques use normality, homogeneity and hypothesis tests using the t test. The results of the critical thinking ability hypothesis were obtained by the number t_count> t_table, namely 2.051942642 > 1.70814, so that H_0 was rejected and H_1 was accepted, which means that there is an influence of the use of the project based learning model on students' critical thinking abilities. The results of the hypothesis of problem-solving ability were obtained by the number t_count < t_table, namely 1.690763525 > 1.677224196, so that H_1 was accepted, H_0 was rejected, which means that there is an influence of the use of the project-based learning model on problem solving ability.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amanda, F., Nisa, S., Suriani, A., Jl, A., Hamka, P., Bar, A. T., Utara, K. P., Padang, K., & Barat, S. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Berbagai Faktor Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282–293.

Apsoh, S., Setiawan, A., & Marsela, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 174–185.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. https://ecampus-fip.umj.ac.id/pustaka_umj/main/search?deweyDecimalClass=371.27

Ekawati, N. P. N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS 4C MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN TABANAN. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51.

Hermawati, Jumroh, & Putri, E. (2021) “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Kubus dan Balok di SMP,” Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 10 No 1.

Octafiana, M., & Fitriasari, P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 110–118.

Rahman, A., Sabhayati, A, M., Andi, F., Yuyun, K., Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metoda statistika. Tarsito. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/201504/metoda-statistika

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Alfabeta. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=325214

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=377

Sundaya, R. (2016). Statistika penelitian pendidikan. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=990230

Susanti, Y. (2020). MENGGUNAKAN MEDIA BERHITUNG DI SEKOLAH. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2, 435–448.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Yani, D. A., Lubis , M. S. ., & Lubis , N. A. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(6). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1231

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>