EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA ETNIS MELAYU DI MUSEUM SUMATERA UTARA
Kata Kunci:
Eksplorasi, Etnomatematika, Etnis Melayu, Miniatur Rumah Adat, Alat MusikAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terkandung dalam artefak, miniatur rumah adat, serta alat musik tradisional etnis melayu peninggalan sejarah di Museum Negeri Sumatera Utara. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data menggunakan terknik observasi dan dokumentasi. Model Miles dan Hubberman menjadi teknik analisis data yang digunakan dalam peneletian ini. Begitu juga reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada miniatur rumah adat dan alat musik tradisional etnis Melayu di Museum Negeri Sumatera Utara. Pada miniatur rumah adat Melayu didapati etnomatematika yaitu konsep geometri bangun datar, bangun ruang, kesebangunan, kekongruenan, simetri dan refleksi. Etnomatematika pada alat musik Melayu mencakup kecapi, arbab, dan gengong ditemukan konsep geometri bangun datar dan bangun ruang.
ABSTRACT The aim of this research is to understand and explore the mathematical concepts contained in artifacts, miniature traditional houses and traditional ethnic Melayu musical instruments from historical heritage at the North Sumatra State Museum. The research method used is descriptive qualitative with an ethnographic approach. Data collection uses observation and documentation techniques. The Miles and Hubberman model is the data analysis technique used in this research. Likewise data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research show that there is ethnomathematics in the miniatures of traditional houses and traditional Malay ethnic musical instruments at the North Sumatra State Museum. In Melayu traditional house miniatures, ethnomathematics is found, namely the concepts of flat geometric shapes, spatial shapes, similarity, congruence, symmetry and reflection. Ethnomathematics on Melayu musical instruments including the harp, arbab, and sengong found geometric concepts of flat shapes and spatial shapes.
Unduhan
Referensi
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Dwi, A., Lestari, I., Santika, I., Tarisa, W., & Panorama, M. (2021). Strategi Pengembangan Museum Balaputradewa. In Sibatik Journal Volume (Vol. 1, Issue 1).
Febrianti, F., & Afri, L. D. (2013). Eksplorasi etnomatematika proses pembuatan tahu desa sayurmatinggi kabupaten simalungun sebagai sumber pembelajaran matematika.
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-12. Irfansyah, F., & putri Siregar, M. A. (2023). Eksplorasi etnomatematika museum deli serdang. Euclid, 10(3), 527-535.
Irohmi. (2013). Pokok Antropologi Budaya. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Junaid, I., Dzakwan Mufadhdhal Ilham, M., & Yusuf Saharuna, M. (2022). Model Pengembangan Interpretasi Pariwisata Edukasi Di Museum Kota Makassar Development Models of Interpretation for Educational Tourism in Makassar City Museum. Jurnal Kepariwisataan Indonesia.
Litik, B. S. Y., & Argarini, D. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah Di Kota NTT. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 79-88.
Pramono, A., (2013), Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Eltek, 1(1), 122-130.
Rusandi & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.
Sanyoto, B., Setiana, D., & Agustito, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung Mataram Kotagede. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 297-308.
Sitorus, I. S. D., Octafriyanda, D., Hutagaol, R., Situmorang, P., Faradillah, T. A., Mahulae, P., ... & Prasasti, T. I. (2024). Memahami Kekayaan Warisan Musik Melayu: Alat Musik Tradisional dan Fungsinya. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3),
-3241.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Bandung:Alfabeta. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1).
Taufik, I. Y. (2024). Perbedaan Budaya Dalam Komunikasi. Komunikasi Sosial dan Lintas Budaya.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).
Zain, S. M. (2002). Etnomatematika Melayu. SARI: Jurnal Alam Dan Tamadun Melayu, 20, 97–112.