ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI

Penulis

  • Ananda Aditya Sari Harahap UIN Sumatera Utara Medan
  • Yasmin Salsabila UIN Sumatera Utara Medan
  • Marwah Mahfuzah Harahap UIN Sumatera Utara Medan
  • Indah Aini Wirdia UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kajian Literatur, kesulitan belajar, konseptual, trigonometri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan permasalahan trigonometri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian literatur. Tahapan kajian literatur ini adalah dengan melakukan pengumpulan data, memaparkan data, menentukan hasil dan pembahasan, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 artikel yang terbit dari tahun 2016-2023 tentang Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri didapatkan 14 artikel yang sesuai dengan variabel-variabel tersebut. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa penekanan terhadap konsep dasar yang ada pada trigonometri harus dibahas tuntas, siswa harus paham betul bagaimana menggunakan rumus yang ada, melakukan operasi matematik, dan juga melakukan perbandingan trigonometri. Kebaruan dari penelitian ini adalah didapatkannya keterkaitan antara artikel satu dengan artikel lainnya yang membahas topik yang sama.

ABSTRACT    This study aims to identify and describe the mistakes made by students when solving trigonometry problems. The method used in this study is a literature review. The stages of this literature review are to collect data, present data, determine results and discussion, and the last is drawing conclusions. The results of the study show that out of 20 articles published from 2016-2023 concerning Analysis of Student Errors in Solving Trigonometry Problems, 14 articles are found that correspond to these variables. Therefore, it can be concluded that the emphasis on the basic concepts in trigonometry must be thoroughly discussed, students must really understand how to use existing formulas, carry out mathematical operations, and also perform trigonometry comparisons. The novelty of this study is the finding of links between one article and another that discusses the same topic.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Awi, A., Sajdah, S. N., & Arwadi, F. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Trigonometri Siswa. Journal of Indonesian Teachers for Science and Technology. 1 (2). 24-32.

Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN Gempol Tahun Ajaran 2016/2017. Pi: MAthematics Education Journal. 1. 34-39.

Edwaldus, Y. W., As"ari, A. R., & Permadi, H. (2021). Ananlisi Kesalahan Siswa Dalam MEnyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau Dari Perbedaan Kelas. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5. 212-222.

Fajri, N., & Nida, I. ( 2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya Pada Materi Trigonometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika ALQALASADI. 3 (2). 12-22.

Jenius, H., & Ramadoni. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Sijunjung. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS). 9 (1). 249-255. Komalasari, L. I., Rumakat, M., & Rahmad, H. (2016). Analisis Tingkat Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Logaritma dan Trigonometri. AL-FURQAN. 5 (1). 113-130.

Mauji, S. M., Mulyanti, Y., & Nurcahyono, N. A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (2). 77-82.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri tipe higher order thinking skill ditinjau dari gender. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). 12 (1). 1-16.

Mulyawati, R., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa Kelas XI Semester 1 SMA PGRI 1 Purwakarta. JPMI (Jurnal Pembelajaran Novita, N., Isnaniah , & Joni, D. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Xi-Mipa Pada Materi Trigonometri Di SMA N 1 Kecamatan Gunuang Omeh. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu. 1 (4). 381-392.

Nurizlan, A., Komala, E., & Monariska, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Langkah Polya. Jurnal PRISMA. 11 (2). 639-649.

Palayukan, H. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berdasarkan kriteria Watson di kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika. 4 (1). 47-60.

Perdana, D. N., & Utami, K. B. (2023). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri pada Siswa Kelas X SMA Ekasakti Padang. EduMatSains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 7 (2). 305-318.

Pratiwi, I. D., Aritsya, A., & Yanti, Y. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA TRIGONOMETRI. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (1). 39-45.

Rachman, A. F., & saripudin. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendikia; Jurnal Pendidikan Matematika. 04. 126-133. Rachman, A. F., & Purwasih, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA Negeri di Kota Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Trigonometri. JPMI

(Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 4 (3). 739-748.

Riana, Maulani, F. I., & Nurfauziah, P. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMK Pada Pokok Bahasan Trigonometri. Jurnal MAJU. 7 (1). 50-56.

Siregar, A., Nasution, B. N., Sihotang, D. R., Arif, I. I., & Frisnoiry, S. (2023). Analisis Kesalahan dan Kesulitan siswa dalam Menyesaikan Soal pada Materi Trigonometri. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2. 114-118.

Widyanti, N., Haryani, D., Subagjo, A., Hamdani, M., & Hasan, A. Q. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMKN 4 Palangka Raya dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Jurnal Pendidikan. 23. 29-38.

Wulandari, S. (2020). Analisis kesalahan menyelesaikan soal trigonometri siswa kelas X SMA. Math Educa Journal. 4 (1). 64-80.

Unduhan

Diterbitkan

30-08-2023

Cara Mengutip

Harahap, A. A. S., Salsabila, Y. ., Harahap, M. M., & Wirdia, I. A. (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 415–426. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/937

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama