EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID AGUNG DELI SERDANG

Penulis

  • Tia ananda Solin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anisah Putri Br Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ananda Aditya Sari Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Fatimah Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syafrida Laylani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dhevy Kartika Ayu Angkat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizka Tri Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ella Andhany Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

eksplorasi, etnomatematika, mesjid agung deli serdang

Abstrak

Masjid Agung Deli Serdang adalah Masjid yang dibangun dengan desain yang megah dan modern, serta menjadi pusat kegiatan keagamaan, seperti salat berjamaah, pengajian, dan berbagai acara keagamaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika yang terdapat pada mesjid agung deli serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif yang bertujuan untuk menggali secara luas tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Tekinik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi langsung dan dokumentasi terhadap mesjid agung deli serdang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengetahuan matematika seperti yaitu konsep geometri bangun datar, konsep geometri bangun ruang, konsep transformasi geometri, konsep gradien fungsi, kesebangunan dan pola bilangan.

ABSTRACT The Grand Mosque of Deli Serdang is a mosque that was built with a magnificent and modern design, and is the center of religious activities, such as congregational prayers, recitations, and various other religious events. This research aims to explore the ethnomathematics contained in the Grand Mosque of Deli Serdang. This research uses an exploratory research method which aims to explore broadly the causes or things that influence the occurrence of something. Data collection techniques are carried out by direct observation and documentation of the Grand Mosque of Deli Serdang. The results of this research show that there is mathematical knowledge such as the geometric concept of flat figures, the geometric concept of spatial figures, the concept of geometric transformations, the concept of function gradients, congruence and number patterns.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprilianti, I., Sunardi, S., & & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika pada aktivitas petani kakao desa temuasri sempu banyuwangi sebagai bahan ajar siswa. Saintifika : Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA, 1-18.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa tingkat sekoah dasar. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 79-85.

Faturrahman, M., & & Soro, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Al-Alam Marunda Ditinjau dari Segi Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1955-1964.

Khofifah, L., Sugiarti, T., & & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika karya seni batik khas Suku Osing Banyuwangi sebagai bahan Lembar Kerja Siswa Materi Geometri Transformasi. KADIKMA, 148-159.

MacDonald, S. M., Rapalino, O., Sherry, N. A, Cohen, A. B., Ebb, D. H, Tarbell, N. J., . . . D. H. (2016). A 20-Year-Old Man with Gynecomastia. The New England The New England, 1567-1579.

Marli, Z. (2017). Transformasi paradigma manajeman keilmuan sekolah dasar menuju pendidikan dasar islam. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 553-565.

Mauluah, L., , & & Marsigit, M. (2019). Ethnomathematics for elementary student:Exploration the learning resources at kraton Yogyakarta. International Journal of Scientific and Technology Research, 776-780.

Rofiq, A., Damayanti, R., & Tinggi, S. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada masjid agung kota probolinggo. 1-10.

Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi budaya melalui pembelajaran matematika bermakna di sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA.

Rohayati, S., Karno, W., & & Chomariyah, I. (2017). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Di Yogyakarta. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1-8.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 41-54.

Son, A. L. (2017). Study ethnomatematics: Pengungkapan konsep matematika dan karakter siswa pada permainan kelereng masyarakat Suku Dawan. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 100-110.

Sunardi, S., Yudianto, E., Susanto, S., Kurniati, D., Cahyo, R. D., & Subanji, S. (2019). Atisipasi Siswa Level Analisis dalam Menyelasikan Masalah Geometri. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Ilmu Matematika dan Matematika Terapan.

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 11-20.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Solin, T. ananda, Br Munthe , A. P. ., Harahap, A. A. S., Sitorus, S. F., Harahap, S. L., Angkat, D. K. A. ., Andini, R. T., & Andhany, E. . (2024). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID AGUNG DELI SERDANG. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(6). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1211

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>