ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Penulis

  • Tia Ananda Solin UIN Sumatera Utara Medan
  • Nabila Fitria UIN Sumatera Utara Medan
  • Siti Fatimah Sitorus UIN Sumatera Utara Medan
  • Dhevy Kartika Ayu Angkat UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

bangun ruang sisi lengkung, analisis kesalahan, permasalahan dalam pembelajaran matematika, geometri

Abstrak

Materi bangun ruang sisi lengkung yang terdapat didalam matematika itu mencakup bangun ruang tabung, kerucut, serta bola yang merupakan bagian dari materi geometri yang sering begitu disukai oleh siswa. Materi tersebut sangat dianggap sulit bagi siswa untuk dipahami, sehingga dari hal tersebut sering melakukan kesalahan disaat didalam menjawab sebuah soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Tujuan dari penelitian yang telah kami lakukan adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan mengetahui berbagai macam faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan sisiwa didalam menjawab soal bangun ruang sisi lengkung. Metode penelitian yang kami digunakan yaitu studi literatur.

ABSTRACK  The geometrical geometric material contained in mathematics includes the geometrical shapes of cylinders, cones, and spheres which are part of the geometry material that is often very liked by students. The material is considered very difficult for students to understand, so from this they often make mistakes when answering questions related to this material. The purpose of the research that we have done is to identify the types of mistakes made by students and find out the various factors that cause student errors in answering questions about curved side shapes. The research method we used is literature study.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustini, W. A., & Fitriani, N. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 91-9

Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213-225.

Arifin, Yusmin, E, Hamdani (2017) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4).

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 9-18.

Deviani, R. Ramlah, Adirakasiwi, A. G. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) 2017.

Hasanah, N. (2016). Upaya Guru dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jurnal PTK & Pendidikan, 2(2), 27-34.

Istiqomah, N. & Rahaju, E. B (2014). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan gaya kognitif pada materi bangun ruang sisi lengkung. MATHEdunesa, 3(2)

Lestari, W. (2017). Pengaruh kemampuan awal matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179-188.

Martina, A. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Metode Newman pada Siswa Bergaya Belajar Auditorial.

Nizam. (2016). Ringkasan Hasil-Hasil Asesmen: Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS, INAP. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan..

Novian. 2020. “Pengembangan Sistem Kuis Algoritma Pemrograman Berbasis Web.” Belantika Pendidikan Vol.3 (2) (November).

Nuraida, I. (2017). Analisis kesalahan penyelesaian soal bangun ruang sisi lengkung siswa kelas ix SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 25-30

Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME). SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 68-78.

Nurfahrudianto, A. (2010). KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 KEDIRI. Efektor No 17.

Qin, L., Zhou, Y., & Tanu, W. T. (2019). The Analysis of mathematics adversity quotient of left behind junior high school students in rural areas. Open Journal of Social Sciences, 7(10), 331.

Rosyida, E. M., Riyadi, R., & Mardiyana, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Pendapat John W. Santrock Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(10).

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Wijaya, T. T. (2020). The Effect of VBA for Microsoft Excel as Teaching Material to Improve Prospective Elementary School Teachers’ Mathematical Conceptual Understanding. Mimbar Sekolah Dasar, 7(2), 251–268.

Syamsudin. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 1 Colomadu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Siregar, N. F. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1-14.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik–Manik dan Sedotan) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Dinoyo 1 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Wardhani, I. S. (2020). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 3, No. 1, pp. 124-129).

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 205–214.

Wijaya, T.T., Ying, Z., & Purnama, A. (2020). Using Hawgent dynamic mathematics software in teaching trigonometry. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10).

Yulfiana, Y. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas Ix Smp Muhammadiyah 9 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Unduhan

Diterbitkan

19-08-2023

Cara Mengutip

Solin, T. A., Fitria, N., Sitorus, S. F. ., & Angkat, D. K. A. (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 458–465. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/935