POP UP BOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI SMP
Kata Kunci:
Pop Up Book, Hasil Belajar Siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstrak
Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas VIII. SMP Negeri 5 Sungai Rotan tentang materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan pop up book sebagai media pembelajaran. PTK, yang terdiri dari dua siklus dalam pelaksanaannya. Setiap siklus mencakup fase perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil ujian pada siklus pertama menunjukkan bahwa hanya 52,77% siswa mencapai nilai lebih dari 75 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Namun, persentase siswa yang mencapai nilai lebih dari 75 meningkat menjadi 83,33% pada siklus kedua, termasuk peningkatan observasi peneliti dari 71,43% pada siklus pertama menjadi 87,50% dan peningkatan siswa dari 73,21% menjadi 85,71%.
ABSTRACT This study aims to enhance the mathematics learning of eighth-grade students at SMP Negeri 5 Sungai Rotan, specifically focusing on the topic of curved surface geometry, using a pop-up book as a learning medium. The Classroom Action Research (CAR) method was employed, consisting of two cycles in its implementation. Each cycle included the phases of planning, implementation, observation, and reflection. The results of the first cycle's exam indicated that only 52.77% of the students scored above 75, meeting the Minimum Mastery Criteria (MMC). However, the percentage of students scoring above 75 increased to 83.33% in the second cycle, accompanied by an improvement in the researcher’s observations from 71.43% in the first cycle to 87.50%, and an increase in student engagement from 73.21% to 85.71%.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Danggo, M. Y., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Wijayanto, A. (2024). Holistik Mutu Pendidikan serta Peningkatan Nilai dan Moral Peserta didik (Issue May). https://doi.org/10.5281/zenodo.11388840
Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3). https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sidu/article/view/1119
Kadek, N., Supariani, D., Herlianti, R., & Djidu, H. (2021). KENDALA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 17–23. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/1888
Kadek, N., Yuni, D., Suranata, K., Ayu, G., & Sukma, P. (2022). Pop-Up Book Media with Balinese Cultural Nuances as Picture Background to Increase Interest in Learning about Solar System Topics. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 283–291. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.52524
Kebudayaan, K. P. dan. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengembangan SDM. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komara, E., Hendriana, H., & Suherman, U. (2021). THE ROLES OF CHARACTER EDUCATION IN 21 ST CENTURY LEARNING. JEE: Journal OfEducational Experts, 4(1), 10–17. https://journal.kopertis-4.org/index.php/jee/article/view/119/0
Sagala, S. (2020). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). PERAN MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77–89. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888
Solikhah, A. I., Bambang, M., & Siswanto, E. (2022). The Effect of Pop Up Book Media on Mathematics Learning Outcomes in Building Space Materials on Class II. Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE), 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1836
Sugiyono. (2021). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2022). endidikan Matematika dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno. (2021). Matematika sebagai Ilmu Universal. Bandung: Alfabeta.
Suwandi, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuliana. T. (2023). Ketersediaan Bahan Ajar dan Fasilitas Pendidikan. Surabaya: Universitas Airlangga Press.