IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESALAHAN SISWA KELAS X SMK BAITUL HIKMAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

Penulis

  • Ismi Halimatus Sakdiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Frida Murtinasari Universitas PGRI Argopuro Jember

Kata Kunci:

Faktor Penyebab, Kesalahan, Peluang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan siswa SMK Baitul Hikmah dalam menyelesaikan soal materi peluang, dengan menggunakan analisis kesalahan prosedur Newman. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tiga soal tes uraian dan pedoman wawancara. Dari hasil tes, diketahui bahwa terdapat 1 siswa dengan kemampuan tinggi, 7 siswa dengan kemampuan sedang, 11 siswa dengan kemampuan rendah, dan 2 siswa dengan kemampuan sangat rendah. Dua siswa kemudian dipilih untuk wawancara guna mendeskripsikan secara mendalam informasi tentang kesalahan yang mereka lakukan dalam menyelesaikan soal matematika. Fokus wawancara adalah untuk mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan berdasarkan tahap analisis kesalahan prosedur Newman, yang meliputi kesalahan membaca, memahami, transformasi, proses, dan penulisan jawaban akhir.                                      

ABSTRACT This study aims to identify the factors that cause errors of SMK Baitul Hikmah students in solving problems of chance material, using Newman's procedure error analysis. The research instruments used include three description test questions and interview guidelines. From the test results, it is known that there are 1 student with high ability, 7 students with medium ability, 11 students with low ability, and 2 students with very low ability. Two students were then selected for interviews to describe in depth information about the errors they made in solving math problems. The focus of the interview was to identify the factors causing errors based on the error analysis stage of the Newman procedure, which includes errors in reading, understanding, transformation, process, and writing the final answer. Translated with Deep.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of Students' Errors in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Prosiding Asian Social Science, 11(21), 133.

Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt AlHikmah Kota Pasuruan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (Vol. 2, No. 1, pp. 346-359).

Chairudin, M., Nurhanifa, Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, & Hadi, M. S. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assembir Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12881.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71-78.

Gea, M. (2020). Identifikasi Sebaran dan Produksi Tanaman Aren (Arenga Pinnata) di Kecamatan Sibolangit. Convention Center Di Kota Tegal, 6–37.

Hidayanto,T., Subanji, S., & Hidayanto, E. (2017) . Deskripsi Kesalahan Struktur Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Serta Defragmentingnya: Suatu Studi Kasus. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 72-81.

Irwanto, I. (2022). Tinjauan Secara Deskriptif Teori Prosser Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Kurikulum Di Sekolah Menengah Kejuruan Di Indonesia. Natural Science Education Research.

Khatimah, K.., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2017). Pemberian Scaffolding Untuk Mengatasi Hambatan Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 36-45.

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Mahmudah, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Unsida Journal of Mathematics and Computer Science, 4(2): 49–56. https://doi.org/10.52166/ujmc.v4i1.845

Murtinasari, F., Putra, E. D., & Antika, N. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Tamanan. Jurnal PendidikanMatematika. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/965

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 22–31.

Pane, S., & Silvanita, K. (2022). Teori Probabilitas statistika. Laporan BKD Semester Ganjil 2021/2022 Jakarta, Februari 2022, 1–45

Unduhan

Diterbitkan

30-05-2024

Cara Mengutip

Ismi Halimatus Sakdiyah, & Murtinasari, F. (2024). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KESALAHAN SISWA KELAS X SMK BAITUL HIKMAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1087