PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI KINE MASTER DENGAN CARA DARING

Penulis

  • Selvi Rani Br Sembiring UIN Sumatera Utara
  • Nurmawati UIN Sumatera Utara
  • Lisa Dwi Afri UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pengembangan; Media Pembelajaran; Pembelajaran Daring; Kine Master.

Abstrak

Pandemi yang disebabkan oleh Covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa bagi dunia pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran yang seharusnya dilakukan secara offline kini berubah menjadi pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model ADDIE, bagaimana keefektifan dan kepraktisan penggunaan media pembelajaran.. Jenis penelitian ini adalah Research and Develpoment dengan menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes, angket dan masukan/saran dari dosen ahli, guru matematika dan peserta didik. Media pembelajaran berupa video pembelajaran yang dikembangkan melalui aplikasi kine master menerapan model ADDIE. Media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator dengan nilai 90,55% berarti sangat valid.Tingkat keefektifan media pembelajaran dinilai berdasarkan hasil tes belajar yang dilakukan terhadap kelas X IPA 2. 30 dari 36 peserta didik dinyatakan tuntas belajar, dengan perhitungan ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 83%  75% dan dengan uji N-Gain menunjukkan hasil signifikan dan menunjukkan kategori 0.30 <g< 0.70 tergolong (average). Kepraktisan dilihat dari angket respon guru dan peserta didik. Angket respon guru diperoleh skor 4,3 sedangkan angket respon peserta didik diperoleh skor 3,49.

Kata Kunci : Pengembangan; Media Pembelajaran; Pembelajaran Daring; Kine Master.

 

ABSTRACT           The pandemic caused by Covid-19 has had a tremendous impact on the world of education. The implementation of learning that should be done offline has now turned into online learning. The purpose of this study is how the development of learning models is carried out using the ADDIE model, how is the effectiveness and practicality of using learning media. This type of research is Research and Development using two types of data, namely qualitative and quantitative. Data collection techniques by giving tests, questionnaires and input/suggestions from expert lecturers, mathematics teachers and students. Learning media in the form of learning videos developed through the kine master application applying the ADDIE model. The learning media was declared valid based on the validator's assessment with a value of 90.55% meaning very valid. The level of effectiveness of the learning media was assessed based on the results of learning tests  conducted on class X IPA 2, 30 of 36 students were declared to have completed learning, with classical completeness calculation obtained at 83 % > 75 % and the N-Gain test showed significant results and indicated the 0.30 <g < 0.70 category was classified (average). Practicality can be seen from the questionnaire responses of teachers and students. The teacher's response questionnaire got a score of 4.3 while the student response questionnaire got a score of 3.49.

Keywords : Development; learning Media; Online Learning; Kine Master.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Br Sembiring, S. R., Nurmawati, & Afri, L. D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI KINE MASTER DENGAN CARA DARING. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 232–237. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/90

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>