PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN SISWA PLEGMATIS DAN MELANKOLIS DALAM MEMAHAMI KONSEP BENTUK SEGIEMPAT

Penulis

  • Frida Murtinasari Universitas PGRI Argopuro Jember

Kata Kunci:

Plegmatis, Melankolis, Segiempat, Expost Facto, Certainty Response of Index

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Tipe Kepribadian dan Karakter Siswa (Plegmatis dan Melankolis) Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Dalam penelitian ini diperoleh hasil rata-rata skala CRI dengan jawaban benar dan prosentase miskonsepsi masing-masing siswa berdasarkan karakternya adalah plegmatis sebesar 3,36 dan18,04% juga melankolis sebesar 4,28 dan 2,82% . Hal tersebut menujukkan bahwa siswa plegmatis memiliki keyakinan dan pemahaman yang paling tinggi dibandingkan dengan siswa dengan karakter melankolis. Sedangkan hasil dari analisis data diperoleh nilai dari signifikansi F yaitu 0,0066 ≤∝ = 0,05 yang artinya karakter siswa sangat berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep bentuk segiempat dan juga nilai dari R-square sebesar 0,98 yang artinya berkorelasi kuat dan mempengaruhi secara positif sebesar 98 %.

ABSTRACT        This study aims to determine the effect of personality type and student character (phlegmatic and melancholic) on understanding the concept of quadrilaterals. This study uses a quantitative research approach with expost facto research methods. In this study, the average results of the CRI scale with correct answers and the percentage of misconceptions of each student based on their character such as phlegmatic at 3.36 and 18.04 5% and also melancholy by 4.28 and 2.82% . This shows that plematic students have the highest confidence and understanding compared to students than melancholic. While the results of data analysis obtained a value of significance F that is 0.0066 ≤∝= 0.05, which means that the student's character has a significant effect on understanding the concept of a rectangular and also the value of R-square is 0.98, which means that it is strongly correlated and affects positively by 98%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. In Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 1. Issue 2).

Bahar, E. E., Rahman, A., & Minggi, I. (2012). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Limit Fungsi di Satu Titik (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM). Sainsmat. 1 (2). 181–190. https://doi.org/10.35580/sainsmat127422012.

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah. 8 (2). 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071.

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education. 4 (2). 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403.

Murtinasari, F., Noviani Sulisawati, D., & Lutfiyah. (2019). Desain Kaos Geometri sebagai Media Pemahaman Konsep Bentuk pada Segiempat untuk Siswa Sd Kelas III Geometry T-Shirt Design as a Media for Understanding the Concept of Forms Quadrangle for Elementary School Students Grade III. Emasains. 8 (1). 70–76. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/273/221.

Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2017). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal SAP. 2 (2).

Prawito, A. (2021). Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Manusia Berdasarkan Tipologi Hippocrates-Galenus Menggunakan Metode Naïve-Bayes. Prosiding Seminar Nasional SEMNAS INOTEK. 5 (1). 133–140. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/917.

Yulia. (2019). Analisis pemahaman siswa terhadap konsep segi empat (studi kasus pada siswa kelas VII SMP negri 1 Sindue). EQUALS Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2 (1). 24.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2022

Cara Mengutip

Murtinasari, F. (2022). PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN SISWA PLEGMATIS DAN MELANKOLIS DALAM MEMAHAMI KONSEP BENTUK SEGIEMPAT. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(6), 732–737. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/696