KAJIAN LITERATUR ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII
Kata Kunci:
kajian literatur, pemecahan masalah, teorema phytagorasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan seberapa baik siswa memahami dan menerapkan gagasan Pythagoras dari sudut pandang pemahaman dan aplikasi. Tinjauan pustaka adalah jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, diskusi, dan kesimpulan adalah tahapantahapan dari tinjauan literatur ini. Temuan dari 20 publikasi yang diterbitkan antara 2015 dan 2022 menunjukkan bahwa Menurut analisis, siswa sekolah menengah pertama memiliki masalah berikut ketika menangani pertanyaan teorema Pythagoras di kelas: 1) 100% pengetahuan tentang masalah itu sulit, 2) Tantangan penyelesaian perencanaan 40%, 3) Tantangan implementasi rencana 54,4%, dan 4) Tantangan pemeriksaan ulang 76,7%. Salah satu sumber masalah adalah siswa tidak terbiasa meletakkan informasi yang sudah diketahui dan diminta dalam sebuah pertanyaan. 2) Siswa tidak terbiasa menyimpulkan jawaban dari teka-teki matematika.
ABSTRACT This study aims to illustrate how well students understand and apply Pythagorean ideas from the point of view of understanding and application. Literature review is the type of research approach used in this study. Data collection, data reduction, data display, discussion, and conclusion are the stages of this literature review. The findings of 20 publications published between 2015 and 2022 show that According to the analysis, junior high school students have the following problems when dealing with Pythagorean theorem questions in class: 1) 100% knowledge of the problem is difficult, 2) 40% planning completion challenge, 3) Plan implementation challenge 54.4%, and 4) Re-examination challenge 76.7%. One source of the problem is that students are not used to putting information that is already known and asked in a question. 2) Students are not used to inferring answers from mathematical puzzles.
Unduhan
Referensi
Ahmad. dkk. (2022). Analisis tingkat Kesalahan Siswa Kelas VIII MTs pada Materi Teorema Pythagoras. Mataram : Mahasantri Jurnal Pendidikan Matematika.
Hasan, Nur. dkk. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. Malang: Jurnal Pendidikan.
Muchyidin, Arif. dkk. (tt). Pengaruh Penguasaan Teorema Pythagoras terhaddap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMPN 1 Leuwimunding. Cirebon: Jurnal Pendidikan Matematika.
Priyanto, Arif. dkk. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras berdasarkan Kategori Kesalahan New mandi Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Jember : Artikel Ilmiah Mahasiswa.
Putri, Inez Audika & Rudi Santoso Yohanes. (2022). Analisis Proses Berpikir Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 4 Kota Madiun dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kecerdasan Adversitas. Madiun : Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM).
Resliana, Ega Dian & Rahmatya Nurmeidina. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras. Banjarmasin: Konferensi Nasional Pendidikan I.
Ritonga, Eka Dwi Sari & Lily Rohanita Hasibuan. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Rantauprapat: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.
Saputri, Maylinda Ayu. dkk. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras. Banyuwangi: Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA.
Setiawan, Eko Aris & Dwi Avita Nurhidayah. (tt). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Kastolan di Masa Pandemi Covid-19. Ponorogo: Jurnal Edupedia. Siregar, Siska Maimunah. dkk. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Penerapan Teorema Pythagoras. Tapanuli Selatan: Jurnal MathEdu.
Sumarsih. (2020). Analisis Kesalahan dan Kesulitan Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras serta Alternatif Penyelesaiannya. Sragen : Paedagogia Jurnal Penelitian Pendidikan.
Warih, Pratiwi Dwi. dkk. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Teorema Pythagoras. Malang : Prosiding. Zaerani, Syahrida. dkk. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras
Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri Balang-Balang. Makasar: Jurnal Matematika dan Pembelajaran.